Taman Lavender Terindah
Bunga lavender memang disukai banyak orang. Selain karena warnanya yang cantik, bunga ini juga punya segudang manfaat. Aroma lavender sudah terkenal sebagai salah satu aromaterapi favorit.
Lavender atau lavandula adalah sejenis tanaman bunga yang cantik dan dipercaya berasal dari Mediterania, India, dan Timur Tengah. Warna ungu dan aromanya yang kuat menjadikan lavender salah satu tanaman yang paling banyak diolah menjadi berbagai produk, mulai dari makanan, pembersih badan, skin care, hingga penyegar udara.
Berikut ladang lavender cantik yang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata kamu :
• Bridestowe Lavender Estate, Tasmania, Australia
Bridestowe Lavender Estate diyakini sebagai taman lavender terbesar di dunia loh! Taman bunga ini juga terletak di dekat hutan, jadi kalian bisa menikmati indahnya warna ungu berpadu dengan hijaunya dedaunan dan birunya langit.
• California, Amerika
Salah satu padang lavender yang akan membuat mata anda terbelalak adalah padang lavender yang dimiliki oleh California, Amerika. Padang lavender ini memiliki nama Mt Shasta Lavender Farms. Tempat ini merupakan tempat yang sangat indah dan banyak direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Hal ini disebabkan karena selain memiliki hamparan ladang ungu yang menggoda, tempat ini juga lokasinya paling tinggi di California sehingga hawanya cukup sejuk. Untuk anda yang ingin berkunjung ke padang lavender ini anda bisa datang kapan pun. Tapi jika anda ingin pemandangan yang paling indah, maka kunjungilah tempat wisata ini pada bulan Juni hingga Agustus
• Banstead, Inggris
Nama dari ladang lavender yang satu ini adalah Mayfield Lavender. Ladang lavender ini merupakan salah satu ladang yang indah tapi lokasinya cukup jauh dari London. Lokasinya kira-kira adalah 13 mil dari pusat kota London. Tapi meski lokasinya cukup jauh tapi tempat ini merupakan tempat yang cocok digunakan untuk wisata bagi anda pecinta bunga-bungaan.
Kebun bunga Mayfield Lavender adalah kebun bunga yang dimiliki oleh sebuah keluarga. Karena banyaknya orang yang tertarik untuk memanfaatkan keindahan dari kebun bunga ini menyebabkan Mayfield Lavender menjadi dibuka untuk umum dan dimanfaatkan untuk banyak hal.
Karena keindahan yang dimilikinya, banyak orang yang datang ke Mayfield Lavender untuk menjalankan prosesi prewedding. Ya, seindah itulah padang lavender Mayfield Lavender ini. Untuk anda yang juga ingin mencari tempat indah untuk prewedding atau sekedar untuk melihat keindahan padang lavender dari Mayfield Lavender ini anda bisa datang pada sekitar bulan Juli. Selain melihat keindahan dari bunga lavender, pada bulan Juli ini ada juga sebuah festival bunga lavender yang akan memperkaya pengalaman wisata anda.
• Hvar Island, Kroasia
Hvar Island adalah rumah bagi jutaan tanaman lavender. Hamparan bunga lavender yang tumbuh di sepanjang sisi bukit akan menebarkan aroma khas lavender yang dapat memberikan suasana menenangkan bagi pengunjung.
Selain itu, ada festival lavender yang diselenggarakan setiap tahun di Eko-Ethno, dekat Velo Grablje. Daya tarik utama festival ini adalah proses penyulingan minyak lavender dari bunga lavender segar yang bisa diikuti oleh pengunjung.
• Farm Tomita, Jepang
Farm Tomita berlokasi di Hokkaido dan merupakan salah satu ladang lavender tertua di Jepang. Suasana alam yang indah dan udara yang segar akan memberikan ketenangan jiwa bagi para pengunjung Farm Tomita.
Tidak hanya sekadar berjalan-jalan menikmati segarnya pemandangan lavender, pengunjung bisa mengelilingi ladang lavender dengan menaiki kereta khusus atau ikut serta dalam proses pemanenan lavender. Jika ingin berkunjung, waktu terbaik untuk melihat lavender adalah akhir bulan Juni hingga awal Agustus.
• Hood River Lavender, Oregon, Amerika Serikat
Kalau taman-taman yang tadi menyuguhkan hamparan lavender yang luas, di sini kalian juga bisa sambil menikmati pemandangan Gunung Hood yang gagah berdiri. Di Hood River Lavender ini kalian juga bisa membeli aneka olahan dari bunga lavender loh. Ada parfum, sabun, dan produk aromaterapi lainnya.
• Gangwon-do, Korea Selatan
Di Korea selatan anda juga salah satu padang lavender yang memiliki nama Goseong Lavender Festival. Padang ini akan berkembang pada bulan Juni. Pada bulan Juni tersebut seluruh desa seakan-akan ditutupi dengan warna ungu yang indah. Hal inilah yang menyebabkan pada bulan tersebut setiap tahunnya selalu diadakan acara atau festival yang menarik. Dalam festival tersebut pengunjung dapat melihat pameran mengenai bunga-bunga lavender. Ada juga kursus yang bisa dilakukan untuk membuat parfum lavender dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pemanfaatan bunga lavender ini.
Tidak hanya puas melihat pemandangan serba ungu yang memanjakan mata, hati pun bisa puas berbelanja makanan dan produk olahan berbahan dasar lavender. Semoga bermanfaat!