Fotografi Jalan Raya
Subjek fotografi jalanan, tidak banyak orang yang memperhatikan. Semua orang merasa bahwa tidak ada yang baik untuk menembak di jalan. Tetapi justru hal yang sangat umum ini, yang dibidik melalui komposisi yang masuk akal dan sudut yang sesuai, tetapi ini adalah subjek yang sangat menarik untuk dipotret. Jadi bagaimana Anda membuat foto jalan biasa terlihat artistik? Hari ini, mari kita bahas bersama bagaimana membuat jalan terasa seperti blockbuster artistik.
1. Manfaatkan simetri
Ketika pemandangan di kedua sisi jalan berulang secara teratur, Anda dapat memotret di tengah jalan dengan alasan memastikan keamanan, sehingga gambarnya penuh dengan keindahan dan ketertarikan yang simetris. Banyak pemandangan di kedua sisi jalan yang simetris dan berulang terus menerus, yang menghasilkan semacam keindahan penataan. Selain itu, simetri sering kali dapat memberi orang perasaan ekstensi tanpa batas, dengan banyak ruang untuk imajinasi.
2. Memotret dari atas
Mencari foto udara atau foto udara dengan ketinggian yang sangat tinggi, yang mencerminkan bentuk keseluruhan jalan, juga merupakan rencana pemotretan yang patut dicoba. Saat mengambil bidikan di atas kepala, cobalah untuk memilih jalur pegunungan yang melengkung, jalan dengan tanjakan dan turunan yang berulang, persimpangan, dan bundaran. Garis-garis di sini cenderung lebih kaya dan lebih menarik. Jika memotret jalan melingkar terlalu monoton, kita dapat memanfaatkan medan yang menguntungkan ini untuk mengambil bidikan jalan dengan eksposur panjang dan menggunakan jejak cahaya untuk menguraikan lekukan jalan.
3. Gunakan bahan langit
Dapat memanfaatkan langit di tempat yang berbeda. Faktanya, jalan memiliki rasa keberadaan yang sangat lemah dalam kehidupan, dan hanya beberapa jalan tertentu yang akan memberikan kenikmatan visual kepada orang-orang. Secara umum, jika kita ingin memotret jalan dengan keindahan, kita perlu menambahkan beberapa elemen pada gambar untuk membuat film jadi lebih indah. Diantaranya, elemen yang paling cocok dan paling indah adalah langit, karena pemandangan langit dapat berubah, kita dapat menggunakan perubahan ini untuk membuat gambaran keseluruhan kita memiliki suasana. Ketika sebuah foto memiliki sense of atmosphere, kita bisa merasakan keindahan yang berbeda dalam foto tersebut!
4. Ciptakan rasa gerakan
Biasanya ketika kita memotret benda-benda statis, kesalahan yang paling umum dan paling gigih adalah kita membuat benda-benda statis menjadi statis. Bahkan, kita dapat menggunakan beberapa keterampilan menembak untuk memotret hal-hal statis dalam hidup kita menjadi efek dinamis. Yang perlu kita lakukan hanyalah memperlambat rana selama proses pemotretan untuk menciptakan kesan kecepatan. Dengan menggunakan karakteristik gerakan relatif, kamera dan objek yang akan difoto mempertahankan gerakan horizontal sinkron pada kecepatan yang sama, dan dengan kecepatan rana yang sesuai, latar belakang dapat diburamkan dan disajikan dengan kesan mengalir.
5. Tambahkan dekorasi
Jika Anda ingin membuat karya yang kita potret lebih artistik, Anda bisa mencoba memotret di tempat terbuka, sehingga Anda bisa memotret jalan yang tak berujung. Jika Anda dapat menambahkan sedikit hiasan, seperti tanda berhenti, jangan terlalu banyak, dan efeknya akan luar biasa.