Pemandangan Bintang
Kapan terakhir kali Anda melihat langit berkilauan dengan bintang-bintang, Lykkers? Beberapa pemandangan tidak seindah langit hitam yang dipenuhi dengan bintang gemerlap, namun bagi banyak dari kita, terutama yang tinggal di kota, akses ke bintang semakin sulit dijumpai.
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa polusi cahaya meningkat sebesar 10 persen setiap tahun, membuat bintang-bintang yang berkelap-kelip semakin sulit untuk dilihat. Oleh karena itu, tempat terbaik untuk melihat bintang cenderung berada di daerah terpencil dan berada di ketinggian tinggi yang jauh dari 'cahaya langit' buatan manusia. Banyak lokasi ini adalah International Dark Sky Places, yang telah disertifikasi oleh DarkSky sebagai cagar alam, taman, sanctuary, dan komunitas dengan perlindungan malam yang luar biasa.
Menghabiskan waktu di tempat-tempat gelap ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau dari bintang-bintang, tetapi juga kesempatan untuk melihat satwa nocturnal yang menarik dan menikmati tidur yang nyaman dan dalam. Apa yang tidak suka? Jika kamu ingin memenuhi mata dengan bintang, berikut adalah pilihan teratas kami untuk tempat terbaik untuk melihat bintang di seluruh dunia.
1. Lembah Elqui, Chili
Lembah Elqui di Chili bagian tengah utara memiliki ketinggian yang tinggi, kerapatan penduduk yang rendah, dan langit yang hampir bebas awan, menciptakan kondisi ideal untuk melihat bintang. Dinyatakan sebagai International Dark Sky Sanctuary pada tahun 2015, area ini menjadi rumah bagi lebih dari separuh infrastruktur astronomi Bumi, dengan fasilitas lebih banyak lagi sedang dibangun, termasuk Observatorium Rubin Vera C. Rubin Observatory yang mencari materi gelap.
Para pengunjung dapat menginap di desa Vicuña dan memulai petualangan melihat bintang mereka di Observatorio Mamalluca, di mana para astronom memberikan pengantar tentang planet, bintang, dan galaksi melalui berbagai teleskop berkekuatan tinggi.
Observatorio Mamalluca
Sebuah observatorium wisata dengan tayangan edukatif yang terletak di lokasi gunung yang dramatis yang terkenal dengan langitnya yang cerah.
Harga Tiket: mulai dari $70 per dewasa
Jam Buka: 9 AM - 11:30 PM, jam bisa berbeda
Nomor Telepon: +56 51 267 0330
Program Observasi Malam mencakup hal-hal berikut:
a) Pengenalan pemandu dan pembentukan kelompok.
b) Ceramah pengantar tentang topik-topik astronomi yang didukung oleh materi audiovisual.
c) Observasi dan penjelasan langit dengan mata dan teleskop kecil di teras, di mana kamu dapat belajar mengenali bintang-bintang terang dan konstelasi.
d) Melihat melalui teleskop 12 inci untuk lebih menghargai berbagai objek di ruang angkasa.
2. Pulau Selatan & Rakiura, Selandia Baru
Te Waipounamu, juga dikenal sebagai Pulau Selatan Selandia Baru, adalah surga bagi para pencinta bintang dengan lanskap pegunungan dan polusi cahaya yang sangat rendah. Taman Internasional Gelap Langit WaiIti mengadakan acara reguler penjelajahan bintang, sedangkan Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve, yang terletak di tengah pulau, merupakan salah satu cadangan langit gelap terbesar di dunia.
Di sini, kamu dapat melakukan penjelajahan bintang di Gunung John dengan Dark Sky Project dan belajar tentang kepercayaan dan tradisi langit Māori asli. Selain itu, Rakiura yang terpencil (Pulau Stewart) di selatan adalah International Dark Sky Sanctuary di mana kamu bisa melihat Aurora Australis, cahaya selatan.
Proyek Langit Gelap
a. Pengalaman di Puncak Gunung
Tur penjelajahan bintang terbaik di puncak Gunung John. Tur eksklusif di puncak Gunung John, tempat berlokasinya pusat penelitian astronomi terkenal dunia, Observatorium Mt John University of Canterbury.
Setting: Malam/Luar ruangan
Durasi: Tur 2 jam
Peralatan: Melihat bintang menggunakan teleskop 9 ¼ hingga 16 inci
Lykkers, simpan panduan ini! Semoga ini membantu Anda saat mulai merencanakan perjalanan melihat bintang!