Alasan Memelihara Kucing
Binatang peliharaan yang paling banyak hari-hari ini adalah kucing dan anjing. Walaupun ada lebih banyak lagi jenis hewan peliharaan, anjing dan kucing tetap yang paling banyak dipelihara. Jadi, mengapa kucing pas untuk menjadi hewan peliharaan? Alasan-alasan berikut adalah kunci utamanya.
1. Takdir antara manusia dan kucing sudah berkembang sejak waktu yang lama
Ribuan tahun lalu, kucing menjalin hubungan kerjasama dengan manusia melalui kemampaun berburu mereka. Manusia memberikan mereka makan, air, dan tempat bernaung yang aman, dan juga telah membantu manusia menangkap tikus.
Namun, saat ini, hubungan antara manusia dan kucing telah berubah. Kucing menjadi hewan peliharaan (teman, anggota keluarga, sahabat, dsb.) Manusia membesarkan dan merawat kucing, selain itu kucing juga menemani manusia. Mereka menanamkan rasa ketergantungan, serta kepercayaan kepada manusia, dan manusia memberikan cinta dan perhatian.
2. Kucing adalah hewan yang pendiam
Jika kebisingan adalah masalah bagi lingkungan tempat tinggal Anda, maka kucing adalah hewan peliharaan yang paling tepat.
Bahkan gonggongan anjing yang paling pelan tetap lebih keras dari suara mengeong kucing yang paling keras. Anda mungkin akan mencemaskan suara-suara lain, seperti saat mereka menjatuhkan benda-benda ke lantai, atau saat berlarian dengan kecepatan tinggi. Tapi suara-suara itu tetap lebih tenang.
3. Kucing berumur panjang
Seperti yang diketahui para pemilik hewan peliharaan, saat mereka kehilangan hewan peliharaan akan, ini menjadi pengalaman yang cukup menyakitkan. Untungnya, jika berbicara tentang hewan peliharaan, kucing memiliki harapan hidup yang lebih lama. Umur rata-rata kucing adalah 12 tahun, tetapi tidak jarang bagi mereka untuk hidup lebih lama atau bahkan mendekati dua puluh tahun.
4. Perawatan kucing murah
Kucing adalah peliharaan yang biaya perawatannya lebih rendah dibandingkan anjing. Mereka tidak memerlukan pelatihan formal, tidak perlu dibawa keluar beberapa kali dalam sehari, dan mereka bahkan bisa membersihkan dirinya sendiri.
Anda mungkin hanya perlu menyikat badannya sesekali dan memotong kukunya jika diperlukan. Tetapi selain dari hal tersebut, kucing mampu menjaga dirinya tetap bersih dengan baik.
5. Kucing adalah peliharaan yang tepat untuk apartemen.
Ketika berbicara tentang hewan peliharaan di apartemen, kucing biasanya lebih cocok jika dibandingkan dengan anjing. Kucing memerlukan lebih sedikit ruang dan bisa memanfaatkan ruang vertikal daripada anjing. Bahkan di apartemen yang kecil, Anda bisa memberikan ruangyang cukup nyaman untuk kucing dengan ketinggian vertikal yang bermacam-macam.
6. Kucing bisa menyembuhkan manusia
Agaknya banyak dari kita tumbuh berkembang di lingkungan sosial yang sudah maju, kita seringkali menemukan berbagai macam video anak-anak kucing di berbagai platform. Menunjukkan bahwa kucing dapat menghibur suasana hati manusia.
Banyak orang yang merasakan kebahagiaan di dalam hati mereka saat membesarkan kucing dan mereka tidak lagi merasakan kesepian.
7. Kucing baik untuk kesehatan
Penelitian telah menunjukkan bahwa kucing dapat memberikan rasa tenang pagi pemiliknya, ini timbul ketika kita membelainya hingga suara dengkuran yang bisa membuat Anda dapat tidur.
Kucing bahkan bisa membantu menurunkan tensi tekanan darah dan resiko serangan jantung. Sebuah penelitian selama 10 tahun bahkan menunjukkan bahwa pemilik kucing memiliki 30% kemungkinan lebih rendah untuk mati karena serangan jantung atau stroke dibanding mereka yang tidak memelihara kucing.