Tips Memotret Langit Malam
Langit malam dengan dihiasi bulan dan bintang serta fenomena alam lain seperti Milky Way, hujan meteor, super moon, dan aurora tentu luar biasa indah dan bagus untuk diabadikan.
Mengambil foto pemandangan langit malam sudah semakin sulit akhir-akhir ini mengingat semakin tingginya tingkat polusi cahaya dari wilayah perkotaan. Namun sebenarnya ada trik yang bisa digunakan agar Anda dapat mengambil gambar langit malam meski dengan tingkat polusi cahaya yang tinggi. Berikut tips sederhana untuk menangkap gambar yang indah di malam hari :
• Kamera
Untuk mendapatkan gambar terbaik, pengguna dapat menggunakan kamera DSLR atau mirrorless dalam mode manual. Kamera full frame akan memberikan performa terbaik dalam situasi cahaya rendah karena memiliki sensor yang lebih besar dan menangkap lebih banyak cahaya. Namun, kamera kamera crop-sensor modern sangat mumpuni untuk astrofotografi dan merupakan pilihan yang lebih terjangkau daripada kamera full frame.
• Perhatikan Susunan gambar
Untuk fotografer malam, penumpukan foto biasanya mengacu pada salah satu dari dua hal. Untungnya, keduanya mengurangi noise.
• Tripod
Tripod juga sangat diperlukan karena Anda akan mengambil gambar dengan exposure tinggi yang sering melibatkan pengaturan shutter speed yang lambat. Tripod memungkinkan kamera untuk mengambil gambar lebih stabil sehingga hasil menjadi lebih tajam.
• Pastikan tempat mengambil foto tidak terlalu terang
Agar hasil foto Anda maksimal, sangat disarankan untuk mengambil foto di tempat yang minim cahaya. Anda bisa saja pergi ke atas atap rumah lalu mengambil foto pemandangan langit, namun jangan lupa untuk mematikan lampu sekitar jika ada.
• Lensa
Lensa fast wide angle atau super-wide angle dalam kisaran 12-35mm paling cocok untuk astrofotografi lanskap. Panjang fokus sudut lebar memungkinkan pengamat menangkap sebagian besar langit malam. Lensa fast merupakan lensa yang memiliki aperture maksimum yang besar. Lensa dengan aperture maksimum f/2.8 atau lebih rendah dianggap sebagai lensa cepat dan sangat baik untuk astrofotografi.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memotret langit malam. Semoga bermanfaat!