Macam Warna Air Laut
Laut adalah kumpulan air yang sangat banyak yang memisahkan daratan satu dengan daratan lain, juga benua satu dengan benua yang lain.
Warna air laut yang bermacam-macam bergantung pada molekul air dalam menyerap dan memantulkan cahaya, zat air yang terlarut, jenis endapan, serta organisme yang hidup di dasar laut. . Sebagian besar laut di bumi ini terlihat seolah berwarna biru.
Berikut macam-macam Warna Air Laut :
• Hijau
Sebuah laut yang berwarna hijau disebabkan karena adanya organisme berupa fitoplankton yang memiliki kandungan klorofil sebagai bahan fotosintesis. Apabila terkena sinar matahari, klorofil pada fitoplankton menyerap sebagian besar warna merah dan biru dan memantulkan warna hijau.
• Kuning
Penyebab air laut berwarna kuning adalah banyaknya endapan lumpur di dasar laut. Lumpur tersebut merupakan hasil metabolisme dari berbagai material di darat yang menghasilkan tanah yang berwarna coklat kekuningan, yang terbawa aliran air hingga sampai di lauan.
• Hitam
Warna hitam karena di dasarnya terdapat lumpur hitam
• Putih
Warna putih karena permukaannya selalu tertutup es, misalnya laut di Kutub Utara dan Selatan.
• Coklat kemerahan
Disebabkan oleh adanya Peridinium dan Schizothrix calcicolla atau dari jenis Phytoflagellata yang berbahaya karena beracun sebagian plankton dapat mengeluarkan endotoksin yang merugikan biota budidaya.
• Hijau Tua
Sebuah laut yang berwarna hijau tua disebabkan karena dominasi algae yang bernama Mycrocystis, Spirulina, Oscillatoria dan Phormidium. Hal ini menandakan bahwa laut tersebut tidak cocok untuk kegiatan budidaya biota air.
• Kuning Kecoklatan
Warna laut yang berwarna kuning kecoklatan disebabkan oleh algae yang bernama Chaetocheros, Nitzchia, Gyrossigma dan Skletonema. Ia akan tumbuh cepat dilingkungan dengan suhu yang rendah.
• Hijau kecoklatan
Disebabkan karena kandungan Bacillariophyta, warna air ini bagus untuk area pertambakan karena mengindikasikan banyaknya fitoplankton yang dapat dimanfaatkan langsung oleh zooplankton.
Itulah beberapa jenis warna air laut. Semoga bermanfaat!