Raja Burung
Ketika berbicara tentang burung merak, semua orang tahu bahwa ini mungkin burung paling indah yang pernah dilihat manusia dalam kehidupan nyata. Merak termasuk dalam ordo Galliformes dan dianggap sebagai "raja burung" karena penampilannya yang indah.
Merak adalah burung hias yang paling indah, simbol keberuntungan, kebaikan, keindahan dan kemewahan. Ada dua jenis burung merak di dunia: merak hijau dan merak biru. Merak biru, juga dikenal sebagai merak India, memiliki bulu biru royal dengan kilau metalik dan berasal dari India dan Sri Lanka. Merak hijau, juga dikenal sebagai merak jawa, diproduksi di beberapa negara di Asia Tenggara. Ada dua varian merak biru: merak putih dan merak hitam.
Burung merak adalah omnivora. Merak terutama memakan tumbuhan dan kadang-kadang memakan hewan seperti belalang dan jangkrik. Burung merak pandai berjalan tetapi tidak pandai terbang. Mereka hidup di hutan berbukit, padang rumput semi-gurun kering, semak belukar dan daerah hutan gugur, terutama di dekat air. Burung merak terbiasa keluar di pagi hari untuk mencari makan, dan bermain di pepohonan pada malam hari. Burung merak umumnya bertindak berpasangan dan jarang sendirian.
Musim semi adalah musim bagi burung merak untuk bertelur dan memperbanyak keturunan. Merak membuka ekornya sebagai perilaku pacaran, yang merupakan perilaku reproduksi yang melekat. Semua orang harus tahu bahwa memang ada banyak tujuan burung merak untuk membuka ekornya, dan tujuan inti dari burung merak untuk membuka ekornya adalah untuk pacaran. Selama pertunjukan pacaran, merak jantan mengangkat ekornya di bawah ekor. Dengan demikian, layar ekor didirikan dan maju. Saat acara pacaran mencapai klimaksnya, bulu ekor merak jantan bergetar, berkedip, dan mengeluarkan suara. Burung merak jantan sangat cemburu. Jika dua burung merak jantan bertemu, mereka akan langsung bertarung.
Jambul bulu merak bukan hanya hiasan yang indah, tetapi juga sensor yang bergetar pada frekuensi yang sama dengan bulu ekor ketika layar dibuka. Misalnya, ketika merak jantan sedang pacaran, layar ekor dibuka, dan merak betina di kejauhan tidak hanya dapat melihatnya, tetapi juga merasakannya dalam pikirannya.
Setiap musim semi, terutama pada bulan Maret dan April, burung merak paling sering membuka layar ekornya. Merak jantan membentangkan sekat ekor yang berwarna-warni dan berwarna cerah, selain untuk memamerkan kecantikannya kepada merak betina dan menarik perhatian merak betina, terkadang juga untuk tujuan melindungi dirinya sendiri. Begitu bertemu musuh dan sudah terlambat untuk melarikan diri, merak akan membuka layar, dan kemudian menggoyangkan layar ekor, sehingga musuh dapat melihat beberapa pola "mata" pada bulu ekor, sehingga menakuti musuh. dan melindungi dirinya dari bahaya.
Selain itu, burung merak terkadang membuka layarnya saat tidak sedang pacaran. Karena kepribadian mereka, burung merak akan sangat percaya diri, dan mereka akan berpikir bahwa membuka bulu ekor adalah manifestasi dari kepercayaan diri, dan bahkan kepercayaan diri ini dapat dipertahankan untuk jangka waktu tertentu.
Merak hijau Sampai tahun 2014, jumlah spesies yang tersebar di Asia Tenggara terus menurun. Populasi spesies ini telah menurun hampir 50% selama tiga dekade terakhir, dan jumlah hewan ini diperkirakan akan terus menurun. Jika tindakan konservasi tidak diambil sesegera mungkin, itu mungkin terancam punah.