Buah Leci
Buah leci adalah buah yang tumbuh subur di wilayah Tiongkok, namun dapat dikembangbiakkan di Indonesia yang juga beriklim tropis. Buah ini memiliki banyak sebutan, yaitu lici atau litchi.
Buah leci memiliki kandngan vitamin esensial dalam leci termasuk vitamin C, K, B1, B2, B3, B6 dan E. Leci juga mengandung mineral seperti kalsium, natrium, kalium, besi, fosfor, selenium dan magnesium, bersama dengan polifenol dan karotenoid.
Leci memiliki penampilan yang mirip dengan stroberi dan dikenal luas dengan bubur jeli putih mutiara yang memiliki kombinasi rasa asam dan gula yang luar biasa. Meski tak seumum buah lain yang mudah ditemui di pasaran, buah leci ini juga kerap dibuat menjadi hidangan berbagai jenis minuman.
Jika Anda perhatikan, buah ini juga sekilas mirip dengan buah raspberry yang berwarna merah dengan kulit yang dipenuhi benjolan-benjolan kecil. Perbedaannya, buah raspberry bisa dinikmati langsung dengan kulitnya.Sementara leci perlu dikupas terlebih dahulu. Setelah dikupas, Anda akan melihat daging buahnya yang mirip dengan buah kelengkeng dengan biji di tengahnya.
Fakta Menarik tentang Leci
1.Pada biji leci terdapat senyawa yang mengandung racun yang dapat mengganggu sistem pencernaan manusia.
2.Kulit leci akan menjadi cokelat setelah dipetik, namun warna daging leci tidak berubah.
3.Pohon leci dapat menghasilkan bunga jantan dan betina sebanyak 3000 bunga.
4.Leci dapat bertahan hidup selama 1000 tahun di alam liar yang menyebabkan leci disebut sebagai tanaman abadi.
Tapi sayangnya, mengonsumsi buah leci ternyata tidak bisa sesuka hati. Misalnya, pada saat perut sedang kosong. Setidaknya risiko yang bisa ditimbulkan ini telah dibuktikan lewat sebuah penelitian.Lasan mengapa buah leci dapat membahayakan anak Penelitian ini bermula ketika ada kasus yang terjadi di di daerah Muzaffarpur, India. Setelah melewati serangkaian penelitian, akhirnya peneliti dari India dan Amerika Serikat bisa menemukan bahwa kejadian tersebut dikarenakan mengonsumsi buah leci.Penelitian yang telah dipublikasi di jurnal The Lancet ini mengatakan kalau anak-anak tersebut meninggal keracunan karena mengonsumsi buah dalam kondisi perut kosong.
Jadi jangan biarkan anak Anda makan buah leci saat perut kosong, itu akan berbahaya! Beritahu semua orang pengetahuan ini, saya harap artikel ini dapat membantu Anda.