Gunung Bersalju
Salju sendiri bisa diartikan sebagai bentuk padat air yang jatuh ke bumi dari atmosfer atau awan yang telah membeku menjadi kristal padat. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara, lalu jatuh ke Bumi. Uap air tersebut jatuh dalam bentuk kepingan empuk, putih, dan seperti kristal lembut. Pada suhu tertentu (disebut titik beku, 0° Celsius, 32° Fahrenheit), salju bisa meleleh dan hilang.
Pembentukan salju diperkenalkan, lalu muncul pertanyaan, apakah di daerah tropis patis tidak ada salju? Belum tentu , meskipun Indonesia memiliki iklim tropis dan tidak turun salju, namun ada beberapa tempat di Indonesia yang terdapat salju. Salju yang ada di sini benar-benar asli dan terjadi di Indonesia. Memang terkesan tidak mungkin, namun beberapa tempat ini memang memiliki salju layaknya negara-negara yang memiliki iklim sub tropis. Berikut tempat-tempat ada salju di Indonesia.
·Puncak Jaya Wijaya
Puncak Jaya Wijaya atau Piramida Carstensz ialah sebuah puncak tertinggi yang menjadi bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia.
Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 mdpl (meter di atas permukaan laut) ini memiliki salju abadi di puncaknya.
Puncak tertinggi di Papua ini diselimuti oleh gletser salju sebagai satu-satunya gletser tropis di Asia.
·Dataran Tinggi Dieng
Di Indonesia memang memiliki beberapa destinasi wisata salju buatan yang menarik, namun ada juga daerah di Indonesia yang terdapat salju yakni Dataran Tinggi Dieng. Pada umumnya, negara-negara yang memiliki iklim sub tropis akan turun salju pada saat musim dingin. Namun beda halnya di daerah Dataran Tinggi Dieng ini. Di sini akan terdapat salju pada saat akan memasuki musim kemarau, yakni pada akhir bulan Juni sampai Agustus.
·Puncak Sumantri
Tempat selanjutnya di Indonesia yang memiliki salju adalah Puncak Gunung Sumantri. Puncak Gunung Sumantri menjulang setinggi 4.870 meter di atas permukaan laut. Gunung Sumantri berdiri tegak di wilayah Papua Barat, dekat dengan Gunung Jaya Wijaya. Puncak Sumantri diselimuti oleh salju berwarna putih di atas batuannya yang berwarna abu kehitaman. Menjadikan Sumantri sebagai puncak yang indah namun sangay sulit didaki karena jalurnya yang terjal dan berbatu.
·Gunung Semeru
Tidak hanya Dataran Tinggi Dieng, Gunung Semeru juga mengalami peristiwa yang sama. Semeru memiliki suhu yang sangat dingin, terutama pada dini hari menjelang matahari terbit. Suhu yang sangat dingin tersebut, membuat embun membeku dan menyerupai salju yang menutupi permukaan bumi.
Nah, itu dia, 4 tempat bersalju di Indonesia. Mana yang ingin kamu kunjungi?