Mobil Cepat
Dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar tradisional, arsitektur sistem tenaga mobil listrik telah sangat disederhanakan. Kini tidak sulit lagi bagi mobil listrik untuk mencapai performa akselerasi dari mobil super teratas di masa lalu. Oleh karena itu, banyak mobil listrik bermunculan dalam beberapa tahun terakhir.
Sebuah mobil listrik super-performaNce dengan kemampuan akselerasi yang mengesankan. Selanjutnya, mari kita lihat performa hebat dari tujuh mobil listrik super gila.
Baltasar Revolt
Merek mobil Spanyol Baltasar merilis mobil sport listrik murni pertamanya yang disebut Revolt di awal tahun ini. Mobil ini memiliki desain radikal dengan tampilan balapan murni dan saat ini disetujui untuk berkendara di jalan raya. Revolt memiliki struktur ringan, terutama terbuat dari serat karbon, beratnya hanya 770kg, dan tidak dilengkapi dengan kaca depan. Bisakah dikemudikan dengan helm?
Dari segi daya, Revolt dilengkapi dengan dua motor listrik independen. Ketika Anda menekan pedal listrik, mobil dapat meledak dengan daya maksimum 500 tenaga kuda dan torsi maksimum 1.000 Nm, yang dapat menggerakkan kendaraan untuk berakselerasi dari 0 hingga 100 mph dalam 2,5 detik, dan memiliki daya tahan baterai yang lama. Jarak tempuhnya mencapai 600km.
Supercar listrik ini saat ini tersedia untuk pre-order dengan deposit 1.000 euro dan harga sebelum pajak 230.000 euro. Seksi pertama model akan dikirim pada paruh kedua tahun 2022.
Lotus Evija
Dua tahun yang lalu, merek Inggris Lotus memutuskan untuk meluncurkan mobil sport listrik untuk bersaing dengan Rimac. Ini adalah Lotus Evija. Selain desain penampilannya yang keren, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak listrik yang kuat dan all-wheel drive. Harga hampir 2 juta euro, produksi terbatas 130 unit.
Dari segi penampilan, Lotus Evija memiliki tampilan estetika yang sangat agresif. Headlight yang ramping dan ventilasi udara yang besar memberikan dampak visual yang kuat; desain bagian belakangnya juga dibesar-besarkan, dengan diffuser yang besar menghabiskan banyak tempat. Bagian atas dilengkapi dengan dua ventilasi besar, dikelilingi oleh lampu belakang LED, yang kuat.
Dari segi daya, mobil ini dilengkapi dengan sistem penggerak listrik semua roda, yang dapat menghasilkan lebih dari 2.000 tenaga kuda dan torsi 1.700 Nm. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 300 km/jam dalam 9 detik, dan kecepatan tertinggi mencapai 320 km/jam. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan baterai yang dikembangkan oleh Williams dengan kapasitas 70kWh dan jangkauan jelajah 400km.
Hispano-Suiza Carmen
Hispano-Suiza adalah merek gabungan antara Perancis dan Spanyol. Didirikan pada tahun 1904 dan terutama memproduksi mobil mewah dan mesin aero. EI Carmen adalah model pertama setelah kebangkitannya. Terbatas 19 unit di seluruh dunia, di mana 5 akan terbuat dari kain. Harga dari versi Logne finish adalah 1,65 juta euro, sementara versi reguler juga dihargai 1,5 juta euro. Seksi pengiriman pertama akan dilakukan pada tahun 2022.
Dari segi penampilan, Carmen memiliki gril depan trapesium terbalik dengan logo yang terdiri dari huruf dan pola yang tertanam di tengah. Headlight di kedua sisi dirancang dalam bentuk setengah lingkaran, yang terlihat unik dan lucu. Sebagai supercar mewah, Carmen menggunakan banyak material mewah, seperti kulit Alcantara dan serat karbon.
Dari segi daya, Carmen menggunakan sistem penggerak listrik dengan daya maksimum 1.019 tenaga kuda. Carmen Boulogne memiliki daya maksimum 1.114 tenaga kuda. Waktu akselerasi dari nol hingga 100 detik adalah 2,6 detik. Kecepatan tertinggi dibatasi menjadi 290km/h, dan jarak jelajah rata-rata adalah 400km.
Tesla Roadster
Sebagai merek mobil listrik terkuat saat ini, Tesla tentu tidak bisa ketinggalan dalam bidang supercar listrik. Sebenarnya, Tesla meluncurkan supercar listrik pertamanya, Roadster, pada tahun 2006, namun Roadster saat ini memiliki sedikit hubungan dengan model aslinya, kecuali bahwa keduanya adalah mobil sport convertible listrik.
Roadster baru ini lebih modern dalam desain estetika daripada generasi pertama, dengan desain yang lebih rapi dan garis yang lebih sporty. Sebenarnya, ini juga adalah gaya yang dibagi oleh SUV dan sedan Tesla. Perubahan satu-satunya adalah sasis, tinggi, dan detail. Desain di dalam mobil masih melanjutkan gaya sederhana Tesla. Layar kontrol sentral berukuran besar tertanam di konsol tengah dan juga dilengkapi dengan kemudi kotak.
Dari segi data daya, Tesla Roadster menyediakan penggerak semua roda. Daya maksimum belum diumumkan, namun torsi maksimumnya setinggi 10.000Nm, waktu akselerasi 0-100km/jam adalah 2,1 detik, kecepatan tertinggi mencapai 400km/jam, dan dilengkapi dengan pak baterai 200kWh dengan daya tahan baterai yang lama. Jarak tempuhnya mencapai 1.000km, dan harga mulai dari US $ 200.000.
Rimac Nevera
Rimac adalah merek asal Kroasia. Mereka telah membentuk kemitraan dengan Bugatti dan sangat dikenal di dunia supercar. Model yang ditunjukkan kali ini adalah versi produksi Rimac C_Two, yang disebut Rimac Nevera. Setiap mobil dihargai hingga 2 juta euro, dan total 150 unit akan diproduksi.
Rimac Nevera memiliki desain estetika yang mirip makhluk buas, dengan garis dan bentuk yang dibesar-besarkan. Dari segi performa, mobil ini dilengkapi dengan set baterai berkapasitas 120kWh dan fungsi pengisian cepat DC 500kW. Meskipun mobil ini beratnya 2.150kg, jarak tempuhnya telah mencapai 550km.
Dari segi daya, Rimac Nevera dilengkapi dengan 4 motor listrik dan sistem penggerak semua roda, dengan daya maksimum 1.914 tenaga kuda dan torsi maksimum 2.360Nm. Waktu akselerasi 0-100km/jam adalah 1,85 detik, dan waktu akselerasi 0-300km/jam adalah 9,3 detik. Kecepatan maksimum mencapai 412km/jam.
NIO EP9
EP9 adalah supercar listrik yang diluncurkan oleh Weilai. Mobil ini memecahkan rekor Zhejiang International Circuit dengan waktu 1 menit, 26 detik, dan 18 detik, serta melampaui lawan-lawan berat seperti Mercedes-Benz AMG GT Black Series. Selain itu, NIO EP9 juga memecahkan rekor putaran produksi mobil tercepat di Nürburgring Nordschleife di Jerman dengan waktu 6 menit, 45 detik, dan 9 detik.
Dari segi desain penampilan, NIO EP9 sangat agresif. Headlight yang panjang dan sempit dan ventilasi udara yang dibesar-besarkan melekat bersama, membuatnya terlihat garang. Badan yang lebar dipasangkan dengan kokpit yang seperti bunker, dan bagian belakangnya juga dilengkapi dengan sayap belakang yang besar. Dengan sentuhan kuat balapan Formula 1.
Untuk menciptakan kinerja super, NIO EP9 dirakit dengan total 4 motor listrik, yang dapat menghasilkan output daya maksimum 1.360 tenaga kuda, waktu akselerasi 0-100km/jam dalam 2,7 detik, dan kecepatan maksimum 313km/jam. Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas dengan cepat, dengan jarak tempuh hingga 427km.
Aspark Owl
Supercar terakhir adalah kenikmatan, dengan performa yang benar-benar gila. Ini adalah Aspark Owl dari Jepang, supercar listrik tercepat di dunia. Mobil ini diluncurkan pada tahun 2017, dengan hanya 50 unit diproduksi, masing-masing dihargai $ 2,9 juta.
Dari segi penampilan, Aspark Owl memiliki garis tubuh yang sangat aerodinamis, bentuk yang ramping dan datar, dan sejumlah besar lubang ventilasi udara, memberikan kinerja aerodinamis yang sangat baik. Di bagian belakang kendaraan, Aspark Owl dilengkapi dengan sayap belakang yang besar yang dapat diangkat, dipadankan dengan lampu belakang yang sempit, dan kamera yang dipasang di tengah, yang dapat digunakan sebagai kaca spion dalam ruangan.
Dari segi daya, Aspark Owl dilengkapi dengan 4 motor listrik dengan daya maksimum 2012 tenaga kuda dan torsi puncak 2000Nm. Waktu akselerasi 0-100km/jam hanya 1,69 detik, melebihi rekor yang ditetapkan oleh Rimac Nevera; waktu akselerasi 0-300km/jam adalah 10,6 detik, dan kecepatan maksimum adalah 400km/jam. Mobil ini dilengkapi dengan pak baterai 64kWh dan memiliki jarak tempuh teoritis 400km.