Umur Seekor Burung Beo
Sebagai burung, burung beo memiliki umur yang relatif panjang, umumnya 30-60 tahun, dan dapat menemani manusia selama bertahun-tahun. Burung beo adalah yang paling lama hidup di antara burung, dengan kakatua dan Amazon hidup hingga 75 tahun atau lebih. Bahkan parkit dapat hidup selama 15-25 tahun, yang merupakan umur yang sangat panjang untuk hewan sekecil itu.
Umur burung beo dibagi menjadi dua jenis: umur fisiologis dan umur aktual. Umur fisiologis mengacu pada jumlah tahun burung beo dapat bertahan hidup di bawah kondisi yang tidak menguntungkan bagi burung beo. Umur sebenarnya mengacu pada umur burung beo dalam kehidupan nyata, yang dipengaruhi oleh banyak faktor.
Burung beo terpanjang di dunia adalah burung beo Amazon, yang lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1975, hidup 104 tahun penuh, mencakup satu abad. Faktanya, umur rata-rata burung beo Amazon juga berusia sekitar 80 tahun, jadi tidak jarang hidup hingga 104 tahun. Namun sejauh ini, tidak ada burung beo yang hidup lebih lama dari itu!
Burung beo Amazon berusia 104 tahun, bernama "Jaime", tinggal di Liverpool, Inggris, dan telah menemani satu pemilik sampai akhir hidupnya. Menurut umur rata-rata burung, umumnya burung beo besar memiliki umur yang lebih panjang. Selain burung beo Amazon, ada kakapo, yang hidup setidaknya 80 tahun dan merupakan satu-satunya burung beo yang tidak bisa terbang di dunia.
Dalam kehidupan nyata, umur burung beo yang dibesarkan oleh sebagian besar petani umumnya berkurang setengah atau sepertiga. Ini karena burung beo bereproduksi untuk waktu yang lama, yang mempengaruhi tubuh burung beo dan dengan demikian mempengaruhi umur mereka. Pemberian makan yang tidak tepat oleh pemiliknya juga dapat menyebabkan kematian burung beo. Untuk burung beo, lingkungan yang bersih dan pola makan sangat penting. Selama pemiliknya dapat merawat burung beo dengan baik dan tidak ada kecelakaan, mereka pada dasarnya dapat hidup untuk waktu yang lama.
Bagaimana cara memelihara burung beo agar hidup lebih lama?
1. Pemberian makan secara teratur: makanan merupakan sumber nutrisi bagi burung beo. Jika Anda ingin mereka hidup lebih lama, Anda perlu memberi mereka makan setiap hari. Pemilik dapat menggunakan millet sebagai makanan utama mereka dan sesekali memberi mereka beberapa buah dan sayuran seperti apel, pisang, kol, wortel untuk meningkatkan nutrisi.
2. Tetap hangat: kebanyakan burung beo adalah burung tropis dan lebih takut dingin. Oleh karena itu, saat menaikkan, Anda harus memperhatikan penyesuaian suhu antara 15-26 °C. di musim dingin, perhatikan agar tetap hangat dan jangan biarkan mereka tinggal di tempat yang suhunya lebih rendah dari 15 °C.
3. Perhatikan pembersihan: saat membiakkan burung beo, perhatikan pembersihan sangkar burung secara teratur. Kotoran burung dan sisa makanan di dalam kandang harus dibersihkan secara teratur, dan kandang burung harus didesinfeksi secara teratur. Makanan dan air harus diganti setiap hari, dan Wadah Makanan dan air harus dicuci sekali sehari. Ini membuat makanan dan air higienis dan mencegah mereka sakit.