Jenis Bunga Liar Tercantik
Bunga liar bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu yang tak mempunyai cukup waktu merawat tanaman hias di halaman rumah.
Sejumlah bunga jalanan yang dianggap tanaman liar, banyak yang 'naik kasta' menjadi bunga-bunga cantik nan eksotis yang juga banyak dicari. Beberapa bunga tersebut dirawat dengan lebih intens oleh para pencinta tanaman. Dimasukkan ke dalam pot dan mendapat nutrisi serta perawatan yang baik seperti bunga hias lain pada umumnya.
Berikut jenis bunga liar terbaik untuk menghiasi halaman rumah:
• Tanaman Adas
Adas sebenarnya merupakan tanaman herbal yang serumpun dengan wortel. Namun, tanaman ini juga memiliki bunga yang sangat menawan. Bentuknya rumpun dengan kelopak bunga kuning dan kecil.
• Fuchsia
Fuchsia merupakan tanaman hias yang akan menciptakan suasana tropis di dalam rumah. Warna bunganya yang terang tampak sangat cantik dan kontras. Tempatkan fuchsia di ruangan yang sejuk dengan cahaya redup. Sesekali, pindahkan fuchsia ke tempat yang lebih cerah untuk mendapatkan sinar matahari.
• Bunga Snowdrop
Jenis bunga liar berikutnya yang bisa kamu pilih adalah snowdrop. Bunga ini merupakan lambang keberuntungan dan kemurnian, yang bisa tumbuh hingga ketinggian 3-6 inci. Bunganya akan mekar pada akhir bulan Maret, dengan warna putih bersih yang sangat menawan.
• Black-Eyed Susan
Bunga ini berasal dari Afrika Timur. Tanaman ini merupakan tipe tanaman rambat berbunga yang bisa tumbuh hingga satu meter. Kamu hanya perlu menyiapkan pot atau lahan kecil dengan penyangga di bagian tengah agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Nantinya tanaman akan mengeluarkan bunga berwarna kuning dengan bagian tengah nan kehitaman
• Bunga cornflower
Bunga liar cornflower atau Centaurea cyanus. Tanaman ini cukup popular, tidak hanya karena warna kelopak bunganya tetapi juga manfaatnya untuk kesehatan. Apalagi pertumbuhan tanaman cenderung cepat meski tanpa perawatan yang intens. Hanya saja tanahnya harus sesuai, yakni tipe grain field atau sawah untuk tanaman biji-bijian.
• Geranium
Tanaman berbunga ini menjadi salah satu tanaman liar tercantik. Memiliki bunga berwarna merah muda, geranium bisa ditempatkan di jendela yang menghadap cahaya. Agar geranium bisa tumbuh subur, biarkan tanahnya mengering terlebih dahulu sebelum menyiramnya kembali untuk menghindari kelebihan air.
• Bunga Yarrow
Bunga Yarrow juga bisa jadi pilihan bunga liar, untuk mempercantik halaman rumahmu. Hadir dengan mahkota berwarna putih, bunga ini dikenal sebagai simbol kehidupan dan kebahagiaan untuk orang yang sakit. Kamu bisa memetik bunganya untuk menjadi buah tangan saat menjenguk seseorang.
• Bunga Lantana
Terakhir ada bunga lantana yang kerap tumbuh di pinggir jalan dan tebing. Tanamannya bisa tumbuh hingga mencapai dua meter dan memiliki bunga warna-warni. Ada yang putih, jingga, ungu, kuning, serta warna lainnya
• Bunga Eceng Gondok
bunga eceng gondok, yang bisa kamu tanam di rumah jika memiliki kolam kecil. Selain memiliki bunga yang indah, kamu bisa memanfaatkan batang daunnya untuk membuat kerajinan. Namun karena pertumbuhannya cepat, kamu harus rutin memangkas tanaman
Itulah jenis bunga liar yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman rumahmu. Semoga bermanfaat!