Pemilik Hewan Peliharaan
Dalam proses sehari-hari ketika memelihara kucing, kita sering menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan kucing, tetapi masalah yang paling sulit dan serius adalah kesehatan kucing.
Apakah kucing itu sehat atau tidak, Anda akan mengerti dengan melihat poin-poin ini.
1. Keadaan pikiran.
Kucing yang sehat selalu energik, tidak lamban, dan tidak tertekan, dan meskipun suka tidur sebagian besar waktunya, ia akan bangun penuh energi.
2. Mata.
Kucing peliharaan yang sehat memiliki mata yang cerah dan jernih. Tidak ada benda asing di sudut mata, tidak ada kemerahan, dan air mata. Tentu saja, tidak ada penyakit radang mata lainnya.
3. Lihat kotorannya.
Kotoran kucing dapat memberikan umpan balik langsung pada kesehatan kucing. Kotoran kucing yang sehat berwarna coklat atau kuning tua, berbentuk pisang, dan tidak Lunak atau keras.
4. Lihat rambutnya.
Kucing yang sehat memiliki rambut yang halus dan berkilau tanpa kebotakan atau kerontokan yang berat.
Jika kucing Anda banyak rontok, tebal dan kusam itu pertanda masalah kesehatan, baiknya diberi obat cacing atau kurang gizi.
5. Lihat hidungnya.
Hidung kucing yang sehat agak lembab dan sejuk. Tetapi jika kucing Anda memiliki hidung kering dan demam, itu berarti kucing Anda mungkin sakit.
Tidak sehat untuk memiliki pilek atau keluarnya cairan lainnya.
6. Mulut.
Kesehatan mulut juga merupakan kriteria penting untuk menilai kesehatan anak kucing. Kucing yang sehat memiliki gigi putih solid, gusi merah muda, lidah, langit-langit mulut, dan tidak ada karang gigi atau bau mulut.
Banyak pemilik hewan peliharaan yang kewalahan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika kucing mereka sakit, tetapi dalam kenyataannya, risiko ini dapat dihindari dengan baik jika kita hanya lebih memperhatikan hidup peliharaan kita.
1. Diet.
Diet selalu menjadi salah satu alasan utama kucing sakit. Mencegah kucing sakit dimulai dengan diet. Untuk menjaga makanan tetap bersih dan segar, bersihkan mangkuk kucing Anda secara teratur, dan jangan beri kucing Anda makanan busuk atau kadaluwarsa.
2. Desinfeksi mangkuk makanan kucing, pispot, dan serasah sesering mungkin untuk membunuh bakteri patogen.
3. Cobalah untuk tidak membiarkan kucing bersentuhan dengan serangga seperti lalat mati dan kecoak untuk mengurangi sumber polusi.
4. Secara teratur ke dokter hewan untuk memeriksa tubuh kucing. Jika Anda menemukan tanda-tanda penyakit, Anda dapat mengatasinya tepat waktu untuk mencegah penyakit serius.
5. Kebersihan kucing.
Meskipun kucing juga hewan yang sangat bersih, mereka akan sering menjilat bulunya untuk membersihkan tubuhnya. Namun, pembersihan kucing sendiri terbatas, dan pemilik hewan peliharaan juga harus memandikan kucing secara teratur dalam hidup.
Jika memungkinkan, yang terbaik adalah tetap menyikat gigi kucing Anda sekali sehari.
Jika Anda menyukai kucing, Anda harus mengurus semuanya!