Hadiah Nobel 2022
Dalam mengumumkan hadiah tersebut, Sekretaris Akademi Swedia Mats Malm mengatakan bahwa Ernaux yang berusia 82 Tahun menerima penghargaan tersebut atas keberanian dan ketajaman klinisnya dalam menemukan akar, keterasingan, dan batas kolektif memori individu.
Dalam siaran persnya, Akademi memuji penulis untuk perspektif yang beragam secara konsisten tentang kehidupan yang sangat berbeda dalam hal gender, bahasa, dan kelas.
Akademi tidak dapat menghubungi Ernaux sebelumnya untuk memberitahunya bahwa dia telah memenangkan hadiah, yang berarti Dia menerima berita pada saat yang sama dengan seluruh dunia.
Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada hari yang sama, Swedish Academy of Letters mengatakan bahwa Ernaux "mengungkapkan dengan keberanian dan ketajaman seperti dokter dengan akar memori pribadi, pemutusan, dan kendala kolektif". Dalam tulisannya, dia " secara konsisten meneliti kehidupan dari berbagai perspektif, dengan perbedaan besar dalam jenis kelamin, bahasa, dan kelas," dan dia memiliki perjalanan yang panjang dan sulit.
Malm mengatakan dia menyesal tidak bisa menghubungi Ernaux melalui telepon.
Lahir di Prancis pada tahun 1940, Ernaux adalah salah satu penulis wanita berpengaruh dalam Sastra Prancis kontemporer dan telah menerbitkan beberapa karya, termasuk "The Long Years".