Morfologi Bunga Mawar
Bunga Mawar ( Rosa sp ) adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat terkenal dan juga populer.
Bunga mawar ialah bagian dari jenis tanaman hias terkenal pada kalangan masyarakat sekitar. Jadi tak heran jika banyak bunga mawar ditanaman dilingkungan sekitar. Selain itu bentuknya serta warnanya ini lumayan menarik. Secara umum, mawar mempunyai tangkai berwarna abu-abu yang panjangnya sekitar 2,5 km mempunyai benang sari bertangkai. Putiknya berbentuk bulat yang panjangnya 0,5 dan warnanya merah putih berbau harum.
Morfologi Bunga Mawar
• Akar
Tanaman Bunga mawar memiliki akar berbentuk serabut yang memanjang hingga kebagian bawah. Akar bunga mawar berwarna kecoklatan muda dan kecoklatan tua. Akar bunga mawar berbentuk membulat dan panjang. Sedangkan akar pada bunga mawar memiliki fungsi yang sangat vital yaitu sebagai penyokong agar tanaman tetap berdiri tegak dan kokoh. Dalam hal ini juga berguna untuk sebagai penyerap unsur hara dan air yang terkandung didalam tanah.
• Batang
Mawar memiliki batang yang berbentuk bulat dan panjang, bercabang-cabang, dan memiliki duri-duri yang tajam. Batangnya terbilang kecil, bewarna abu-abu, kecoklatan, dan hijau seperti lumut. Ukuran batang yang relatif kecil membuat tanaman mawar sangat rentan diserang oleh predator tanaman tersebut.
• Daun
Bunga mawar memiliki daun majemuk yang terdiri dari 5-9 anakan daun yang terdapat dalam satu cabang. Daun pada bunga mawar memiliki bentuk bulat kecil memanjang dengan ukuran 2-3 cm meruncing dan ada juga yang berigi. Daun pada bunga mawar memiliki warna hijau muda dan hijau tua yang menopang pada tangkai batang yang terdapat di ujung tangkai dengan panjang 1-2 cm.
• Akar
Akar yang ada di bunga mawar ini jenis akrnya serabut berbentuk bulat panjang dan mempunyai warna coklat mudah dengan campuran coklat tua. Berbentuk serabut sehingga menjadi akar serabut bernama latin radix adventicia. Fungsinya ialah :
• Menopang tumbuhan supaya bisa berdiri tegak
• Menyerap air dalam tanah
• Menyerap unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan supaya bisa tumbuh maksimal
• Bunga
Pada bunga tanaman ini berbentuk hampir seperti bulat yang terdiri dari beberapa lapisan bunga yang berjumlah kurang lebih sekita 20 sampai 26 lapisan bunga bahkan bisa lebih tergantung besar kecilnya ukuran bunga.
Bunga mawar memiliki beberapa variasi warna. Ada yang berwarna merah, putih dan ada juga yang berwarna kekuningan.
• Biji
Biji mawar memiliki bentuk oval dan ukurannya sangat kecil berwarna keputihan dan kecoklatan pada bagian dalamnya. Biji ini terletak pada bagian dalam bunga.
Itulah morfologi bunga mawar, semoga ini menambah pengetahuanmu ya!