Sungai Terpanjang Di Dunia
Keberadaan sungai banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Mulai dari pasokan air, kebutuhan tenaga listrik, sampai sumber pangan.
Air sungai mengalir dari hulu atau bagian tertinggi yang biasanya berada di pegunungan. Kemudian, air akan mengalir ke hilir atau bagian terdekat dengan muara sungai baik di danau atau lautan. Berikut ini sungai terpanjang di dunia :
• Sungai Yangtze
Sungai terbesar di dunia selanjutnya ada Yangtze di Cina dan sudah ada sejak zaman peradaban Cina kuno dengan panjang 6.378 kilometer. Aliran sungai Yangtze berasal dari pegunungan Tibet di Provinsi Qinghai, yang mampu mampu menghidupi kebutuhan masyarakat Cina. Peranan sungai ini juga terbilang sangat penting karena mempunyai bendungan terbesar untuk keperluan pelayaran, pembangkit listrik, hingga agrikultur di kawasan Asia Timur.
• Sungai Nil
Sungai Nil ini memiliki panjang 6.650 kilometer dan terletak di Afrika. Panjangnya sungai ini membuat sungai ini melewati 11 negara, yaitu Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Congo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. Sungai ini juga menjadi sumber air utama bagi Mesir dan Sudan. Sumber aliran air Sungai Nil berasal dari Danau Victoria. Selain sebagai sungai terpanjang, sungai ini juga disebut sebagai sungai paling lama di dunia. Aliran sungai ini disebut sudah digunakan dalam waktu yang sangat lama oleh manusia.
• Sungai Mississippi
Selanjutnya ada sungai mississippi dengan panjang 5.970 kilometer. Lokasi sungai ini ada di dua negara yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Di wilayah Amerika Serikta, sungai ini melintasi 31 negara bagian, diantaranya adalah Minnesota, Wisconsin, Iowa, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennesse, dan Louisiana. Sungai ini memiliki sumber air dari Danau Itasca, lalu mengalir hingga ke Teluk Meksiko.
• Sungai Amazon
Sungai Amazon dengan panjang 6.436 kilometer dan melintasi beberapa negara, seperti Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia, hingga Ekuador.
• Muara sungai ini berada di Samudera Atlantik.
Sebagai habitat dari banyak spesies paling berbahaya di dunia, sungai ini melewati salah satu hutan terbesar di dunia, yakni Hutan Amazon. Keadaan iklim dari sungai Amazon dan hutan Amazon memang cocok untuk menjadi rumah bagi satwa liar yang unik.
Tak heran bahwa di Sungai Amazon hidup beberapa spesies fauna paling berbahaya di dunia seperti ikan piranha, anakonda, dan ikan vampir. Debit air sungai ini berasal dari pegunungan Andes di Peru, yaitu dari 3 sungai, Sungai Mantaro, Sungai Apurimac, dan Sungai Maranon. Dengan begitu, debit air sungai Amazon adalah yang terbesar di dunia. Sungai Amazon juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut.
• Sungai Yenisei
Urutan kelima sungai terpanjang di dunia ini memiliki saluran pembuangan seluas 2,5 juta km persegi dan merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Artik. Selain itu, sungai ini juga diketahui masih merupakan bagian dari Sungai Yellow, salah satu sungai terpanjang lainnya di Tiongkok.
Meskipun berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai ini berada di Rusia. Cuaca yang sangat dingin di Rusia menjadi penyebab membekunya sebagian wilayah aliran sungai ini. Luasan wilayah yang beku bisa mencapai 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di daerah Krasnoyarsk, Rusia. Mencairnya sungai ini biasanya terjadi saat memasuki musim semi pada Bulan Mei.