Makna Bunga Daffodil
Setiap bunga memiliki makna beragam bagi setiap orang. Beberapa mengartikan sebagai rasa sayang, ekspresi duka cita atau suka cita.
Bunga daffodil sebut juga bunga narsis. Bunga ini pada umumnya ditemukan berwarna kuning, tetapi beberapa jenis juga memiliki warna lain seperti merah muda, hijau, dan putih. Bunga ini memiliki 6 kelopak pada satu kuntum bunga. Uniknya, bunga ini seperti memiliki bunga lagi dibagian tengah bunga berbentuk terompet. Bagian batang dan bagian daun bunga ini mirip dengan bunga tulip. Batang hijau yang tegak dan daun panjang lonjong berwarna hijau. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 60cm.
Bunga yang memiliki nama ilmiah narcissus ini bisa hidup di daerah yang memiliki iklim sedang dan subtropis. Warna bunga yang tumbuh di Eropa ini sangat indah dan cerah sehingga sering dijadikan tanaman hias ketika musim semi. Selain memiliki warna yang cantik, bunga ini juga memiliki beragam manfaat kesehatan sehingga sering digunakan untuk meredakan batuk, pilek, dan asma.
Bunga Daffodil atau bunga bakung memiliki nama Latin “Narcissus” yang berasal dari bahasa Yunani “narkissos” dari kata dasar “narke,” berarti mati rasa. Makna ini lalu dikaitkan dengan efek obat penenang dari alkaloid pada tanamannya. Bunga ini memiliki ciri khas berwarna kuning terang yang dapat memberikan semangat dan keceriaan untuk menemani hari-harimu dan orang tersayang.
Selain itu, bunga Daffodil juga dikaitkan dalam sejarah yang menggambarkan kematian dan kelahiran kembali. Terinspirasi dari cerita mitologi Yunani, yaitu Narcissus yang mati karena terlalu mencintai, menyayangi, dan mengagumi dirinya sendiri hingga dihubungkan dengan liturgi gerejawi. Bunga Daffodil merupakan salah satu bunga yang menandakan awal musim semi, maka dari itu diartikan juga sebagai permulaan baru, seperti kutipan dari salah satu penyair bernama Keats yang mengatakan “Daffodils bring “joy for ever”, yang berarti bunga Daffodil membawa kegembiraan selama-lamanya.
Itulah makna dari bunga daffodil. Semoga bermanfaat!