Pengetahuan Tentang Bulan
Pendaratan di bulan merupakan langkah besar dalam sejarah manusia.
Diameter bulan adalah seperempat dari diameter Bumi, dan massa nya adalah sekitar 1/80 dari Bumi.
Bulan adalah satelit terbesar. Permukaannya bisa tertutup oleh berbagai bentuk meteorit yang berbeda, yang menunjukkan seberapa banyak pengalamannya. Tentang pembentukan bulan, ada beberapa hipotesis dalam komunitas ilmiah. Ada pendapat bahwa sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, sebuah bintang menghantam Bumi dan bertabrakan dengan suatu blok yang pecah.
Karena tarikan gravitasi Bumi, bulan terbentuk.Untuk jarak bulan dari kita, banyak dari Anda mungkin tahu bahwa itu sekitar 380.000 kilometer. Angka ini sebenarnya adalah rata-rata perkiraan dari jarak antara Bumi dan bulan. Ketika bulan berada pada jarak yang jauh, jaraknya akan lebih dari 405.000 kilometer, dan ketika bulan berada pada jarak yang dekat, jaraknya hanya lebih dari 360.000 kilometer.
Perbedaan antara kedua jarak tersebut lebih dari 40.000 kilometer, dan karena bulan selalu mengorbit Bumi, jaraknya selalu berubah, sehingga sulit untuk mengukur jarak yang tepat antara Bumi dan bulan.Ketika kita melihat ke atas, kita bisa melihat bulan. Bulan juga merupakan bintang terdekat dengan Bumi. Bentuk bulan juga bisa terlihat jelas. Sebagian besar waktu kita melihat bulan, bukanlah bulatan penuh, terkadang setengah lingkaran.Bulan itu sendiri tidak bersinar.
Bulan yang terlihat bersinar adalah karena terkena sinar matahari, itulah sebabnya mengapa bulan berbentuk bulat dan setengah lingkaran. Hal ini karena sudut sinar matahari yang mengenainya berbeda saat bergerak, sehingga bentuk bulan yang kita lihat pun berbeda. Ketika matahari dan bulan berada dalam jarak yang sangat dekat, kita akan melihat bulan yang lebih kecil. Ketika mereka berada dalam jarak yang lebih jauh, kita melihat bulan yang lebih besar. Oleh karena itu, ukuran bulan tergantung pada jaraknya dari matahari.Ketika matahari, Bumi, dan bulan bergerak dalam garis lurus, kita tidak bisa melihat bulan. Itulah sebabnya mengapa kita tidak bisa melihat bulan selama beberapa hari dalam sebulan.
Lalu, mengapa kita bisa melihat bayangan bulan pada siang hari?
Dipahami bahwa bulan memantulkan cahaya matahari, dan bulan bisa terlihat ketika intensitas pantulan itu lebih tinggi daripada intensitas cahaya pada saat itu.Secara umum, intensitas cahaya di siang hari relatif besar dan bulan tidak bisa terlihat. Bulan hanya muncul ketika intensitas cahaya di malam hari lemah. Jika bulan masih terlihat pada siang hari, itu berarti intensitas pantulan bulan saat itu lebih tinggi daripada intensitas cahaya pada saat itu. Kadang-kadang ketika matahari belum sepenuhnya terbenam di sore hari, kita juga akan melihat bulan yang samar-samar muncul di langit. Prinsip-prinsip ilmiah ini sebenarnya sama.