Keindahan Puncak
Ketinggian sebuah gunung memang mencuri perhatian, namun keindahan sebuah gunung tidak hanya terukur dari ketinggiannya.
Ada beberapa faktor lain yang membuat gunung menjadi memukau, seperti bentuk unik atau lokasinya yang menakjubkan.
Mari jelajahi beberapa gunung paling mempesona di dunia yang tidak hanya tinggi, tetapi juga menawarkan keindahan yang tak terlupakan.
Gunung Kilimanjaro
Gunung Kilimanjaro terletak di Tanzania timur laut dan sekitar 160 kilometer di selatan Lembah Rift Besar. Gunung ini memisahkan Tanzania dari Kenya dan merupakan rangkaian gunung tertinggi di Afrika. Tubuh utama gunung ini membentang dari timur ke barat selama hampir 80 kilometer. Kawasan Gunung Kilimanjaro dijadikan taman nasional pada tahun 1968 dan menjadi rumah bagi banyak tumbuhan dan hewan liar. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa memasukkannya ke dalam Daftar Warisan Budaya dan Alam Dunia pada tahun 1981.
Pegunungan Andes
Pegunungan Andes termasuk dalam Kordillera. Terletak di pantai barat Amerika Selatan, Pegunungan Andes memiliki panjang lebih dari 8.900 kilometer dari utara ke selatan, menjadikannya rangkaian gunung terpanjang di dunia. Pegunungan Andes, yang memisahkan wilayah pantai barat yang sempit dari bagian benua lainnya, adalah salah satu fitur topografi paling penting di Bumi. Hal ini berdampak besar pada kondisi kehidupan gunung itu sendiri dan daerah sekitarnya.
Matterhorn
Matterhorn mungkin bukan puncak tertinggi di Alpen. Tetapi tidak ada gunung lain di dunia yang seindah Matterhorn. Ini adalah gunung yang magis dan menarik. Gunung berbentuk piramida di perbatasan Swiss dengan Italia ini berdiri pada ketinggian 4.478 meter, menjadikannya salah satu puncak tertinggi di Swiss. Matterhorn sangat curam, sehingga menjadi gunung yang sangat menantang untuk didaki.
Puncak Denali
Denali adalah puncak tertinggi di benua Amerika Utara dengan ketinggian 6.190 meter di atas permukaan laut. Terletak di tengah Alaska, di Taman Nasional dan Lahan Lindungan Denali. Denali juga merupakan puncak tertinggi ketiga di dunia, setelah Gunung Everest dan Aconcagua di Argentina.
Puncak yang spektakuler ini sendiri adalah daya tarik utama Taman Nasional Denali, yang menjulang di atas enam juta hektar kegiatan alam yang belum tersentuh. Bahkan dari kejauhan, Denali terlihat memukau. Karena puncak Denali ditutupi salju sepanjang tahun, gunung ini juga menjadi rumah bagi gletser kelima terbesar di dunia.
Alpen
Alpen terletak di Eropa Tengah. Alpen berbentuk busur, dengan panjang 1200 kilometer, lebar 130 kilometer hingga 260 kilometer, dan luas total sekitar 220.000 kilometer persegi. Alpen adalah pegunungan terbesar di Eropa dan merupakan tanggul air besar. Banyak sungai besar di Eropa, seperti Sungai Donau dan Rhine, berasal dari sini. Sungai di sini memiliki karakteristik sungai pegunungan khas, yaitu aliran yang deras dan sumber daya hidrologi yang kaya.
Pegunungan Rocky
Pegunungan Rocky membentuk tulang punggung Cordillera Amerika. Terdiri dari banyak gunung kecil dan disebut "tulang punggung" Amerika Utara. Pegunungan Rocky yang megah membentang ribuan kilometer dari utara ke selatan. Dengan pengecualian St. Lawrence, hampir semua sungai besar di Amerika Utara bermula di Pegunungan Rocky, yang merupakan pembatas benua yang penting.