Kucing Oren
Kucing oren bukan jenis ras kucing, namun orang-orang sering menyebut kucing berbulu oren ini sebagai kucing oren.
Kucing berbulu oren ini biasanya ada dua macam, yaitu kucing dengan bulu berwarna oren sepenuhnya dan kucing berwarna oren dan putih.
Kucing yang berwarna oren memiliki corak garis putih yang tipis ditubuhnya, dan beberapa kucing oren juga memiliki bulu putih dibagian perut mereka.
Kucing oren dengan bulu putih biasanya memiliki corak totol oren yang lebar.
Ada beberapa macam corak pada kucing oren, dan corak herringbone atau corak zigzag merupakan corak yang lazim ditemukan pada kucing oren.
Ada juga corak yang sering dijumpai yaitu corak totol, corak loreng, dan corak belang pada kucing.
Pada umumnya kucing oren banyak ditemukan pada kucing jantan.
Warna bulu kucing berhubungan dengan genetik mereka, dan kucing oren terlihat lebih gemuk dari kucing biasa. Biasanya kucing jantan lebih berat dibandingkan kucing betina.
Kucing oren biasanya jinak dan penurut terhadap pemiliknya, mereka jarang mengeong dengan keras, selain itu mereka juga jarang untuk melampiaskan emosinya.
Bahkan jika anda tidak sengaja melukai mereka, mereka tidak akan marah atau membalas anda.
Mereka suka bermanja-manjaan dengan pemiliknya, dan mereka sangat waspada terhadap orang asing, kucing oren bisa berbaur dengan hewan peliharaan lainnya dan juga dapat berbaur dengan anak kecil.
Mereka memiliki karakter dan tempramen yang bagus, jadi mereka cocok untuk menjadi peliharaan di rumah.
Berdasarkan pennelitian, kucing oren mampu hidup lebih lama dibandingkan kucing lainnya walaupun dengan jenis ras yang sama.
Kucing oren mampu bertahan di alam liar sejak masih kecil, dan mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda-beda, sehingga mereka memiliki sistem imun yang lebih baik yang membuat mereka tidak gampang sakit dan hidup lebih lama. Walaupun begitu, para pemilik kucing ini tidak boleh ceroboh untuk merawatnya.
Terlebih lagi, perawatan yang lebih baik dapat memperpanjang hidup mereka lebih lama.
Kucing oren biasanya memiliki badan yang gemuk, oleh karena itu pemiliknya harus memperhatikan dan menjaga pola makan si kucing.
Berat normal untuk kucing oren untuk usia 1 bulan adalah satu pon, pada usia 3 bulan mereka memiliki berat 3 pon, pada usia 6 bulan kucing tesebut memiliki berat sekitar 5-6 pon, dan pada usia 9 bulan mereka memiliki berat 7-10 pon.
Berat normal untuk kucing oren dewasa umumnya sekitar 3-5 kg. Kucing oren dianjurkan untuk makan sesuai dengan petunjuk pada makanan kucing.
Kucing dewasa biasanya diberi makan dua kali sehari, dan sebaiknya berikan olahraga atau aktivitas yang sering kepada si kucing, karena mereka mudah mengalami kenaikan berat badan, jadi para pemilik sebaiknya sering mengajak mereka bermain agar si kucing dapat bergerak lebih aktif untuk mengurangi lemak pada tubuh mereka.
Jangan lupa untuk menjaga kebersihan si kucing, pemilik kucing perlu memandikannya secara teratur untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman dan parasit.