Tips Efektif Menabung Duit
Dengan komputer, semuanya jadi bisa serba otomatis. Ini tentu dapat meringankan beban dan menghemat waktu. Jika Anda memiliki rekening perbankan online, maka menabung akan sangat mudah. Cukup dengan atur transfer otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan sebulan sekali.
Meskipun jumlah tabunganya kecil, akan tetapi yang paling penting ialah berani untuk mulai menabung dari sekarang!
1. Atur makanan Anda
Merencanakan makanan benar-benar menghemat banyak uang. Hal ini akan dapat membantu menghilangkan dorongan nafsu membeli yang tidak perlu. Selain itu, juga memungkinkan membeli makanan yang lebih seimbang tanpa harus membeli "apa yang terlihat nikmat" di supermarket.
2. Hanya membeli makanan yang dibutuhkan
Cukup buat menu umum tanpa merencanakan detail dan manfaatkan berbagai penawaran supermarket. Misalnya, jika salah satu hidangan hari ini mungkin berupa tumis daging. Untuk menu ini, masakan membutuhkan daging dan sayuran. Ketika tiba di supermarket, pilihlah daging dan sayuran yang paling murah berdasarkan menu hidangan tersebut. Kemudian pilihlah lauk, seperti nasi atau quinoa.
3. Minum banyak air
Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi statistik menunjukkan bahwa orang-orang tidak minum air sebanyak yang seharusnya diminum. Jika berhenti membeli soda atau jus, maka ini tentu akan menghemat banyak uang karena harga air mineral terjangkauh lebih murah. Sebuah keluarga yang terdiri dari enam orang dapat dengan mudah menghemat $50 hingga $100 hanya dengan minum air putih dan bukanlah soda.
4. Rencanakan untuk melunasi utang
Untuk keluar dari utang, penting sekali untuk memahami bagaimana cara melunasinya. Ada beberapa solusi, tetapi dua solusi yang paling berhasil adalah 'bola salju' dan 'longsoran salju'. Cara ini meringankan beban dan menghemat waktu. Jika Anda memiliki rekening perbankan online, menabung itu mudah.
Cukup atur transfer otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan sebulan sekali. Meskipun jumlahnya kecil, paling penting itu ACTION!
5. Mengambil pekerjaan part-time
Mengapa katakan tidak, kalau bisa punya pekerjaan tambahan? Pekerjaan part-time dapat membantumu melewati masa-masa sulit. Jika punya banyak utang, punya pekerjaan tambahan adalah cara terbaik untuk melunasinya dengan cepat. Bekerja di industri jasa (seperti pelayan di resto) sangat cocok untuk hal ini. Selain itu, untuk kelebihan pendapatan, atau sisa uang bulanan bisa dimasukkan kedalam tabungan.
Tentu saja, Anda jadi akan bekerja lebih lama, tapi banyak juga keuntungan dari pekerjaan itu. Jika rumahmu memiliki kamar kosong, bisa juga mempertimbangkan untuk menyewakannya.