Papan Skateboard
Skateboarding termasuk olahraga yang menggunakan papan. Olahraga ini menggunakan keterampilan kaki dan keseimbangan dimana atlet dapat melakukannya di tanah dan fasilitas khusus yang berbeda-beda untuk memainkan skateboard dengan gerakan yang cukup sulit.
Skateboarding sebuah evolusi dari olahraga berselancar di akhir 1950-an dan awal 1960-an, penemuan pertama olahraga skateboarding dari penduduk California. National Skateboarding Association (NSA) adalah asosiasi skateboard pertama di Amerika Serikat pada tahun 1970 dan 1980-an.
Pada tahun 1981, American Skateboarding Association dan European Skateboarding Association mengadakan kompetisi Skateboard Piala Dunia pertama di bekas Jerman Barat.
Pada 7 Desember 2020, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sepakat memasukkan skateboard sebagai olahraga resmi di olimpiade 2024 di Paris. Pada 1 September 2017, World Roller Skating Federation mendirikan badan organisasi tertinggi untuk skateboard.
Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemain skateboard mengembangkan roda poliuretan pada tahun 1970-an.
Roda jenis poliuretan ini memiliki fleksibilitas yang kuat, dapat menahan aus, dan elastisitas, yang sangat membantu perkembangan teknologi dan sosialisasi dalam dunia skateboard.
Ada banyak jenis skateboard, terutama dasbor, papan bengkok ganda, papan melayang, papan naga, papan menurun, papan dansa, papan ikan besar, papan ikan kecil, papan panjang, dll.
Dasbor lebih cocok untuk pemula dalam belajar bermain skateboard. Karena dasbor ini memiliki slide yang halus.
Skateboard double warping adalah salah satu jenis yang fleksibel, terutama pada pemakaian dalam gerakan-gerakan teknis tertentu.
Skateboard paling ringan dan terkecil di dunia yaitu papan drift. Papan yang dapat dibawa kemana saja, dengan bahan yang ringan dan ukuran yang kecil.
Papan naga adalah jenis skateboard terbaru. Bermain dengan papan naga dituntut menggunakan tubuh, kaki, dan tangan.
Papan downhill dibuat dari roda papan selancar dan skate, mirip dengan papan selancar dan ski dengan roda. Papan ini memiliki papan yang lebih panjang dan lebar serta roda yang lebih besar, lebih lembut, dan lebih lebar dari skateboard biasa.
Dengan daya tahan yang lebih lama. Serta dapat beradaptasi dengan berbagai jenis medan jalan, waktu mulai yang lebih cepat, dan akselerasi yang lebih baik juga.
Tarian papan yang cepat, atau papan menari dengan cepat. Pemain skateboard dapat bermain dengan bebas dan dapat melakukan banyak gaya dalam bermain.
Ukuran papan ikan besar lebih besar, dan lebih stabil untuk orang yang baru pertama kali bermain skateboard. Dan papan ikan memiliki amplas pada alas skateboard, jadi pemain dapat dengan lebih mudah bermain trik-trik skateboarding.
Ukuran papan ikan kecil tentu saja lebih kecil.
Longboard adalah peralatan skateboard yang mirip dengan skateboard, tetapi dengan panjang yang lebih panjang. Awalnya berasal dari surfing, sekarang ada banyak jenis gameplay, termasuk cruising, dancing, freestyle, downhill, freeride, dan slide.
Jika Anda seorang pemain maupun sedang berlatih skateboard, pastikan skateboard Anda tidak terkena air. Jika bantalan terkena air, maka dapat dengan mudah berkarat.
Ini akan merusak pergeseran berikutnya, dan juga mempengaruhi masa pakai skateboard. Tidak hanya itu, jika amplas skateboard dicelupkan ke dalam air, permukaan lapisan pasir akan mudah rontok, kemudian saat bermain kaki Anda dapat dengan mudah tergelincir sehingga menyebabkan kecelakaan pada permainan dan akan membuat pergelangan kaki atau sendi-sendi Anda cedera.
Oleh karena itu, dalam penggunaan skateboard, atau papan seluncur, amplas di permukaan papan seluncur, roda, dan bantalan papan tidak boleh terkena air.