Tanaman Dalam Ruangan
Tanaman hias dalam ruangan yang umum berasal dari Afrika tropis adalah tanaman yang berdaun dalam genus Chlorophytum dalam famili Amanitae.
Banyak orang memiliki beberapa pot tanaman hijau di rumah, yang tampak sederhana untuk dijaga. Namun, merawat tanaman hijau membutuhkan banyak keterampilan. Oleh karena itu, untuk mempelajari keterampilan merawat tanaman hijau, perlu usaha yang sungguh-sungguh. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat memelihara tanaman hijau.
1. Pencahayaan
Cahaya yang cukup penting untuk pertumbuhan yang optimal, dan banyak tanaman dalam ruangan menyukai paparan cahaya matahari langsung.
2. Kelembaban
Kelembapan yang tepat juga penting bagi tanaman dalam ruangan. Banyak tanaman membutuhkan tingkat kelembaban yang lebih tinggi daripada yang dijumpai di lingkungan ruangan tanpa udara yang terlalu kering. Tanaman hijau membutuhkan jumlah kelembaban yang moderat, tetapi jangan membasahi terlalu banyak karena hal ini dapat menyebabkan resiko pembusukkan akar. Di musim panas, cukup hanya dengan menyiramnya sekali dalam seminggu, dan apabila musim dingin tiba, maka Anda dapat mengurangi jumlah penyiraman secara bertahap.
3. Temperatur
Suhu terbaik untuk menumbuhkan tumbuhan hijau adalah 18-28°C, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Di musim panas, Anda dapat meletakkan tumbuhan hijau di lokasi yang berventilasi dengan baik untuk menghindari panas berlebih.
4. Pemangkasan
Tumbuhan hijau tumbuh dengan cepat dan harus dipangkas secara teratur untuk mempertahankan bentuk dan kesehatannya. Potong daun-daun kuning atau yang sudah rusak, serta bagian batang dan tangkainya yang tumbuh berlebihan.
5. Nutrisi
Pemberian pupuk adalah aspek lain dari perawatan tanaman dalam ruangan. Tanaman dalam ruangan membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan yang optimal. Mengamati tanda-tanda kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi adalah cara yang berguna untuk mengidentifikasi masalah nutrisi pada tanaman. Perlindungan juga penting untuk tanaman dalam ruangan, terutama dari ancaman hewan seperti tikus, kecoa, dan lalat.
Perawatan tanaman dalam ruangan sangat penting untuk memastikan bahwa tanaman Anda tumbuh dengan baik. Hal ini meliputi memberikan cukup sinar matahari, air, dan nutrisi serta memeriksa mereka secara teratur untuk memastikan bahwa mereka tidak terinfeksi oleh hama atau penyakit. Anda juga harus melakukan pembersihan tanaman secara berkala untuk memastikan bahwa mereka tetap bersih dan sehat. Dengan perawatan yang tepat dan kondisi lingkungan yang cocok, Anda dapat memiliki tanaman hias dalam ruangan yang mudah dirawat dan tentunya akan menghiasi ruangan Anda agar lebih cantik.