Bunga yang Cantik
Tulip adalah simbol keindahan dan bunga umbi-umbian yang terkenal di seluruh dunia yang mekar di musim semi dan tersedia dalam berbagai warna dan bentuk. Dengan menanam tulip pada musim gugur sebelum tanah menjadi dingin dan keras, Anda dapat menikmati tampilan bunga yang indah di musim semi. Berikut adalah beberapa detail tentang menanam tulip.
1. Persiapan Awal
(1) Siapkan tulip Anda untuk ditanam pada musim gugur.
a. Saat musim panas berubah menjadi musim gugur dan suhu malam semakin dingin, maka menanam tulip sebaiknya sebelum pertama kali terjadi embun beku. Jika Anda menunggu setelah terjadi embun beku, tanah akan mengeras, sehingga sulit menggali lubang. Saat menanam tulip, suhu tanah harus setidaknya sekitar 15 derajat celcius.
b. Tulip harus ditanam dalam tanah dalam waktu seminggu setelah pembelian dan tidak dibiarkan terlalu lama di luar tanah. Jangan menanam terlalu awal juga, atau tulip dapat berkecambah sebelum dingin dan kemudian membeku saat terjadi embun beku. Biji tulip harus berbaring diam dalam tanah sepanjang musim dingin dan menunggu hingga musim semi untuk tumbuh.
(2) Pilih dan tanam biji Anda.
a. Biji tulip dapat ditemukan di kebun penangkaran, kebun pribadi, atau dibeli secara online atau di toko kebun. Tergantung pada varietasnya, tulip akan tumbuh sekitar 1-4 batang dan 1-4 umbi bunga.
b. Saat memilih biji, pilihlah yang keras saat disentuh, berwarna coklat, dan memiliki kulit tipis seperti kertas, atau seperti kulit bawang.
c. Hindari memilih biji yang lunak atau layu karena mungkin sudah membusuk dan mati.
(3) Pilih lokasi penanaman.
a. Banyak orang suka menanam tulip di sepanjang pagar, teras, atau sepanjang tepi luar bangunan untuk menambahkan kehidupan. Tulip biasanya ditanam dalam baris untuk pengelolaan yang mudah setelah berkecambah. Putuskan di lokasi mana Anda ingin menanam tulip.
b. Tulip berkembang dengan baik di area yang terkena sinar matahari atau sedikit teduh, tetapi tidak dengan kondisi yang terlalu lembab.
c. Tulip tersedia dalam berbagai warna, sehingga Anda dapat menanamnya dalam berbagai pola menarik. Pilih beberapa warna untuk ditanam atau tanam kelompok besar bunga dalam warna yang berbeda. Desainlah sesuai dengan pola yang diinginkan untuk halaman Anda.
2. Menanam Tulip
(1) Periksa lokasi penanaman.
Tulip akan tumbuh di sebagian besar tanah, tetapi jika tanah terlalu kering dan keras, Anda perlu menunggu hujan untuk dapat melanjutkan menanamnya. Sebelum menanam tulip Anda, bersihkan tanah dari gulma dan batu kecil serta longgarkan dengan sekop kecil untuk memberikan udara.
(2) Gali lubang
a. Lubang harus berjarak 10-15 cm, dan setiap lubang harus digali 20 cm dari akar biji. Misalnya, jika Anda memiliki biji yang tingginya 2 cm, lubang harus digali sebanyak 22 cm. Semakin besar biji, maka semakin dalam lubangnya.
b. Saat menggali lubang, keluarkan akar tanaman lain yang bercampur dan semua puing-puing yang mungkin menghambat pertumbuhan tulip.
c. Taburkan lubang dengan bubuk kucing, kerikil, daun holly, ranting, atau cabang semak berduri untuk mencegah tikus mengambil alih.
3. Tanam ke dalam tanah
Saat menanam, pastikan ujung tajam biji menghadap ke atas. Tutup lubang dengan tanah, dengan hati-hati agar biji tidak miring. Tulip adalah tanaman abadi, yang berarti hidup selama lebih dari satu tahun. Namun, di sebagian besar daerah, iklim memungkinkan tulip bertahan hidup hanya satu tahun dan mekar hanya sekali saja. Jika Anda ingin tulip Anda mekar lagi ditahun depan, maka tambahkan pupuk ke lubang sebelum mengisinya dengan tanah.
4. Penyiraman yang Sesuai
Setelah menanam tulip, segera siram air untuk membantu pertumbuhannya. Namun, hati-hati jangan terlalu banyak menyiram tanaman, karena terlalu banyak air dapat menyebabkan tulip membusuk atau bahkan mati. Hindari menyiram tanaman lagi sampai tanah di sekitar tepi tanaman menjadi sangat kering. Selain itu, ingatlah bahwa hujan musim gugur dan musim dingin kemungkinan akan memberikan air yang cukup untuk tulip.
5. Tulip mekar di musim semi
Tulip biasanya mekar penuh dari bulan Februari hingga bulan April di belahan bumi utara dan dari bulan September hingga bulan Oktober di belahan bumi selatan.
Nikmati keindahan kelopak bunga berwarna-warni tulip selama waktu ini!