Jenis Tas Sekolah
Tas sekolah siswa terbagi menjadi tiga jenis yaitu, tas bahu, tas dorong dan tas sekolah keamanan/keselamatan.
Saat memilih tas sekolah, sebaiknya orang tua memperhatikan berat tas sekolah, karena tas sekolah yang terlalu berat dapat menyebabkan tekanan pada tulang belakang anak. Oleh karena itu sebaiknya memilih tas sekolah yang ringan agar anak tidak merasa terkekang. Kapasitas tas sekolah harus sesuai dengan ukuran dan kemampuan dalam menampung perlengkapan sekolah anak. Alangkah baiknya saat memilih tas sekolah, pilihlah tas sekolah yang tahan air dan mudah dibersihkan, serta harus ada bantalan anti-cekik di tali bahu tas sekolah. Selain itu, akan lebih baik jika terdapat strip reflektif bercahaya pada tas sekolah, agar anak lebih mudah terdeteksi saat berjalan di malam hari atau saat hujan, sehingga ini dapat membantu memastikan keamanan pada anak.
1. Tas Bahu
Tas bahu lebih tradisional, bahkan akan memuat bahu, sehingga tubuh dalam keadaan seimbang untuk tulang belakang, dan tulang belikat yang bagus untuk perkembangan. Berbeda dengan tas selempang, tas sekolah dengan bahu miring akan memaksa salah satu sisi bahu sehingga terjadi gaya yang tidak rata pada bahu kiri dan kanan, ini akan menyebabkan bahu akan mudah terasa lelah. Ditambah dengan beban buku yang berat, hal itu dapat menyebabkan ketegangan pada bahu, tulang belakang, dan bahkan akan menyebabkan resiko skoliosis dalam jangka panjang.
2. Tas Dorong
Tas dorong merupakan salah satu jenis tas sekolah yang sedang marak belakangan ini, yang memiliki keunggulan menghemat tenaga dan mengurangi beban di kedua bahu. Keunggulan ini digandrungi oleh banyak orang tua. Namun, barang memiliki dua sisi tuas yang menambah berat tas itu sendiri, dan tas ini tentunya tidak nyaman dalam keadaan naik turun tangga.
3. Tas Sekolah Keselamatan/Keamanan
Saat siswa menyeberang jalan, tas sekolah keselamatan anak sangat memperingatkan kendaraan yang lewat sejauh 30 meter, yang secara efektif dapat mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pada saat yang sama, mereka dapat dilengkapi dengan sistem penentuan posisi GPS, dan orang tua dapat menemukan lokasi persis anak mereka melalui pesan teks.
Tas sekolah siswa bervariasi dalam gaya dan kualitas karena desainnya yang memiliki berbagai kelebihan untuk anak dan orang tua. Ada banyak model tas sekolah siswa di pasaran. Lalu, bagaimana sih cara memilih dan membeli tas sekolah siswa yang tepat?
1. Pilih Tas yang Terdapat Bantalan Bahu
Akan lebih baik lagi jika terdapat bantalan bahu pada tas sekolah, yang dapat menyebarkan tekanan secara merata dan tidak akan menyebabkan resiko kerusakan yang berlebihan pada punggung dan bahu.
2. Periksa Semua Bagian Tas Sekolah
Ini memainkan peran untuk dapat mengemas buku pelajaran dan semua jenis alat tulis, serta perlengkapan-perlengkapan sekolah lainnya.
3. Jangan Terlalu Banyak Kantong dan Jaring di Tas Sekolah
Kantung dan jaring mudah tersangkut oleh benda tajam, akan lebih mudah menyebabkan bahaya; untuk menghindari terlalu banyak gesper atau ritsleting logam, terlalu banyak aksesori logam tidak hanya menambah berat tas sekolah tetapi juga menyebabkan kerusakan pada pinggang dan punggung.
4. Bagian Belakang Ransel Harus Empuk
Bantalan memiliki bekas lubang untuk membantu menghilangkan panas, yang dapat membantu anak menghindari penumpukan bakteri di punggungnya akibat terlalu banyak berkeringat.
5. Utamakan Tas Sekolah Kecil
Pilih tas sekolah berukuran sesuai yang bisa menampung buku dan alat tulis anak Anda. Secara umum, tas sekolah tidak boleh lebih lebar dari badan anak. Bagian bawah tas sekolah tidak boleh lebih rendah 10 sentimeter dari pinggang anak.
6. Bahan Tas Sekolah Harus Diperhatikan
Pilih tas yang terbuat dari nilon atau kanvas yang ringan daripada kulit atau bahan berat lainnya.