Keuntungan Tanaman Kaktus
Lebih dari 10.000 spesies termasuk ke dalam lebih dari 100 keluarga. Kaktus adalah kelas tanaman yang umum dikenal karena bentuknya yang indah dan beragam serta warnanya yang cerah dan berubah-ubah sesuai dengan perubahan cahaya dan suhu.
Tanaman kaktus sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang kering, tumbuh dengan subur, dan berkembang biak dengan mudah.
Tanaman kaktus memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:
1. Tebal dan Berisi Air
Daun dan batang tanaman kaktus tebal serta dapat menyimpan banyak air dan nutrisi.
2. Pertumbuhan Lambat
Tanaman kaktus tumbuh dengan lambat dan membutuhkan waktu yang lama untuk dewasa.
3. Adaptabilitas Terhadap Lingkungan Kering
Tanaman kaktus cocok untuk iklim kering, dengan toleransi kekeringan yang kuat sehingga mereka dapat bertahan dalam kondisi kekeringan jangka panjang.
4. Bentuk yang Beragam
Tanaman kaktus memiliki banyak bentuk, mulai dari daun berduri hingga berbentuk bulat atau ginjal, dan seperti tanaman merambat atau semak.
5. Mudah Dikembangbiakan
Tanaman kaktus mudah direproduksi, dan dapat diperbanyak melalui potongan daun, potongan batang, stek, dan metode lainnya.
Berdasarkan fungsi penyimpanan air mereka, tanaman kaktus diklasifikasikan menjadi empat kategori:
1. Tanaman Kaktus Berdaun
Tanaman ini mengandalkan daun mereka untuk menyimpan air, dengan daun yang sangat berair dan sedikit sekali penyimpanan air di batang mereka, dan pada beberapa spesies, ada sedikit lignifikasi.
2. Tanaman Kaktus Akar
Kaktus jenis ini terutama bergantung pada akarnya untuk menyimpan air, yang hipertrofik dan dapat menghindari sinar matahari dan herbivora. Selama musim kemarau, daun dan batangnya rontok untuk menjaga kelembapan di akarnya.
3. Tanaman Kaktus Batang
Sukulen jenis ini utamanya bergantung pada batangnya untuk menyimpan air. Batang mereka mengandung banyak sel penyimpanan air, lapisan jaringan fotosintetik di permukaan, dan sedikit atau tidak memiliki daun sama sekali.
4. Jenis Tanaman Kaktus Lainnya
Semua bagian dari kaktus adalah tempat penyimpanan air.
Selain itu, tanaman kaktus tidak hanya indah secara visual, tetapi juga menawarkan beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat dari menanam kaktus antara lain:
1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Menanam tanaman kaktus di dalam kamar dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena mereka menghasilkan oksigen pada waktu malam dan membantu menjaga kelembaban udara.
2. Mengurangi Stres
Merawat tanaman kaktus dapat menjadi kegiatan yang menenangkan dan membantu mengurangi stres.
3. Meringankan Kelelahan Mata
Menatap tanaman kaktus selama beberapa menit setiap kali dapat membantu meringankan kelelahan mata akibat terlalu lama menatap layar komputer atau gadget.
Namun, perlu diperhatikan bahwa meskipun tanaman kaktus mudah dirawat, tetap saja mereka membutuhkan perhatian dan perawatan agar dapat tumbuh dengan sehat dan subur.