Mengenal Penguin
Penguin adalah salah satu jenis burung paling unik di dunia. Mereka bisa berenang dan menyelam, tapi gak bisa terbang.
Penguin adalah hewan akuatik yang masuk ke dalam ordo Sphenisciformes dan family Spheniscidae. Di seluruh dunia terdapat 16 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies.
Berbicara tentang ukuran tubuh penguin, maka penguin Aptenodytes forsteri merupakan yang terbesar dengan tinggi mencapai 1,1 m serta bobot badan seberat kurang lebih 35 kg. Penguin yang memiliki ukuran tubuh yang besar biasanya lebih mampu bertahan dan menyesuaikan diri terhadap suhu dingin. Selain itu, juga memiliki kemampuan berenang dan menyelam lebih baik, yaitu bisa mencapai 565 meter dalam waktu 20 menit.
Walaupun seluruh macam penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja. Benar tiga spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan pada umumnya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.
Spesies penguin paling akbar adalah Penguin Kaisar (Aptenodytes forsteri) dengan tinggi mencapai 1,1 meter dan berat 35 kilogram atau lebih. Spesies penguin terkecil adalah Penguin Peri (Eudyptula Minor) dengan tinggi sekitar 40 cm dan berat satu kg. Secara umum, penguin yang mempunyai ukuran akbar lebih dapat mempertahankan suhu tubuhnya sehingga dapat bertahan di daerah dingin, sementara penguin yang mempunyai ukuran lebih kecil pada umumnya ditemukan di daerah yang lebih hangat bahkan daerah tropis.
Demikianlah informasi mengenai penguin. Semoga bermanfaat!