Fakta Menarik Kucing
Saat ini, kucing telah menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling populer.
Mereka merupakan hewan yang cukup menggemaskan, dan yang terpenting ialah mereka secara alami cenderung buang air di tempat tertentu, menjadikan mereka hewan peliharaan yang sempurna. Berikut adalah beberapa fakta tentang kucing:
1. Telinga
Kucing memiliki 32 otot cepat di dekat telinganya, dan kelompok otot ini memungkinkan telinganya berputar hingga 280 derajat untuk menerima suara. Pendengarannya sangat berkembang, sehingga kucing dapat mengidentifikasi objek hingga 20 meter jauhnya hanya dengan suara kecil, dengan kesalahan kurang dari 0,5 derajat! Jadi, jika Anda memanggil kucing tetapi tidak mendapat respons, itu bukan berarti kucing tidak bisa mendengar Anda, melainkan ia mungkin tidak tertarik untuk merespon. Namun, jika Anda memberikan camilan kering kepada kucing, mungkin ia akan lebih bersedia untuk merespon panggilan Anda.
2. Cakar
Cakar kucing juga membantu kucing dalam mengamortisasi guncangan selain mengeluarkan panas dan meninggalkan bau dari kelenjar mereka. Ketika kucing melompat atau berjalan di atas Anda, ia juga meninggalkan bau pada Anda.
3. Bulu
Ada lima alergen yang diketahui terdapat pada kucing, tetapi tidak termasuk bulu kucing. Oleh karena itu, alergi bulu kucing disebabkan oleh manusia yang alergi terhadap protein tertentu dalam air liur kucing yang kemudian dijilat dan menempel pada tubuh kucing, sehingga menyebabkan alergi pada manusia.
4. Gigi
Fungsi utama pada gigi kucing ialah untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Kucing jarang mengunyah, tetapi hanya menggunakan gigi mereka ketika mereka menemukan potongan makanan yang besar, dan tidak mengunyah secara perlahan seperti yang dilakukan sebagai manusia.
5. Kaki
Kucing juga bisa menggunakan kaki kanan maupun kaki kiri. Biasanya, kucing betina cenderung menggunakan kaki kanan, sedangkan kucing jantan seringkali menggunakan kaki kiri. Cobalah dengan tongkat mainan dan lihat kaki mana yang mereka pilih pertama kali untuk menggaruk.
6. Intoleransi laktosa
Sebagian besar kucing intoleran terhadap laktosa dan tidak cocok untuk minum susu murni. Banyak orang memiliki kesan bahwa kucing suka minum susu, mungkin dari kartun klasik "Tom dan Jerry", di mana Tom animasi suka minum susu. Tapi pada kenyataannya, sebagian besar kucing intoleran terhadap laktosa, dan kucing yang minum susu rentan terhadap diare dan tinja yang lembek.
7. Catnip
Hanya dua pertiga dari kucing yang merespons catnip, dan hal ini diwarisi. Beberapa orang mungkin menemukan bahwa kucing mereka sama sekali tidak merespon catnip, berbeda dengan kucing lain yang terobsesi, dan ini normal karena hanya 65-75% kucing yang dapat merespon catnip. Kucing yang merespon catnip akan menciptakan perilaku seperti berguling, menggosok-gosokkan diri, menjilat, melompat, meong, dan parkour setelah mencium aroma catnip. Setelah beberapa detik atau menit, perilaku kegembiraan ini akan perlahan-lahan mereda.
Jadi, apakah sekarang Anda sudah lebih memahami fakta-fakta kucing sedikit lebih baik?