Cara Dan Tips Bermain Ski
Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di negara 4 musim, bermain ski merupakan agenda rutin yang perlu dilakukan setiap tahunnya. Ski tidak lepas dari budaya masyarakat di musim dingin.
Walaupun identik dengan kegiatan masyarakat 4 musim, sekarang ski sudah bisa dilakukan di negara tropis, lho. Salah satunya di Indonesia , kini sudah bisa bermain ski atau papan salju di Trans Snow Word Bintaro.
Bermain ski memang tidak semudah kelihatannya, apalagi untuk sebagian orang yang besar di negara tanpa musim dingin. Namun, kamu tidak perlu takut karena ternyata siapapun bisa belajar ski. Nah, buat kamu yang ingin belajar ski, perhatikan yuk tips-tips berikut ini agar kamu tidak mengalami cidera atau hal yang tidak diinginkan.
Perlengkapan saat bermain
Terkadang banyak orang menyepelekan perlengkapan selama bermain ski karena terlalu bersemangat. Nah, perlu diingat yah Snowfriends, sebelum bermain pastikan kamu telah menggunakan helm, sepatu, papan ski, dan tongkat ski dengan keadaan yang masih baik. Hal tersebut sangat penting karena bermain ski perlu dilakukan dengan aman.
Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan pakaian dingin yang lengkap yah seperti jaket tebal, sarung tangan, hingga penghangat leher. Tentu pakaian dingin yang lengkap dapat menambah kenyamananmu selama bermain.
Teknik Dasar
Dalam permainan ski, kekuatan kaki merupakan tumpuan paling besar. Oleh sebab itu, pastikan kedua kakimu sedang dalam kondisi prima ketika bermain ski agar bisa menopang tubuhmu dengan baik.
Teknik dasar dalam permainan ski yang perlu dikuasai pemula ialah membentuk kaki seperti huruf V. membentuk kaki seperti huruf V dapat memudahkanmu untuk meluncur dan berhenti. Gunakan juga bantuan tongkat untuk memudahkan pergerakanmu.
Dalam permainan ski, kekuatan kaki merupakan tumpuan paling besar. Oleh sebab itu, pastikan kedua kakimu sedang dalam kondisi prima ketika bermain ski agar bisa menopang tubuhmu dengan baik.
Mengetahui Peraturan Slope (Lereng Salju)
Pelajari cara membedakan tingkat kesulitan jalur. Anda bisa melihat tingkat kesulitan jalur dengan simbol yang berada di penanda jalur atau peta ski. Di Amerika Utara, tingkat kesulitan jalur diindikasikan sebagai berikut:
• Lingkaran hijau menandakan jalur mudah atau pemula. Jalur ini tidak terlalu cepat, hanya memiliki sedikit penghalang, dan tidak terlalu panjang.
• Kotak biru mengindikasikan kesulitan menengah. Jalur ini mungkin memiliki beberapa halangan atau lebih curam, Anda sebaiknya tidak mengikuti jalur ini kecuali sudah menguasai jalur yang lebih mudah.
• Black Diamond (wajik hitam) menandakan jalur yang sulit. Jalur ini memiliki halangan, mogul (gunungan salju), dan sangat curam, dengan jalan ke bawah yang sempit. Jangan mencoba jalur ini jika Anda tidak berpengalaman. Walaupun Anda pikir Anda siap, kemungkinan besar Anda salah. Banyak orang yang terluka karena mencoba jalur yang sulit terlalu awal.
• Double Black Diamond (dua wajik hitam), atau black diamond dengan tanda seru, menandakan jalur yang hanya boleh digunakan oleh pemain ski terlatih. Jangan gunakan jalur ini kecuali Anda sudah cukup nyaman dengan jalur lainnya. Lebih bagus jika Anda pergi bersama pasangan. Saat Anda siap untuk jalur double black ini, pastikan tidak ada tanda “EX” di tengahnya. Ini mengindikasikan “Expert Only”, satu-satunya yang lebih sulit dari pada “heliskiing”. (Permainan ski dimana pemain di turunkan dari helikopter. Lereng salju ini sangat mudah longsor.)
Demikianlah pembahasan kita mengenai cara dan tips bermain ski semoga membantu anda sebelum mencoba permainan ski ini.