Fenomena Menakjubkan
Pengamatan dan kajian mengenai Milky Way yang menakjubkan telah menarik perhatian manusia sejak zaman kuno. Ribuan tahun yang lalu, manusia memiliki berbagai dugaan tentang Milky Way.
Orang-orang Eropa membayangkan Milky Way terbentuk oleh susu yang mengalir dari Ratu di langit ketika ia memberi makan bayinya dan disebut Milky Way, itulah sebabnya kenapa dikenal dengan nama Milky Way dalam bahasa Inggris. Namun demikian, mitos yang indah tidak dapat menggantikan penjelasan ilmiah yang akurat. Pada awal abad ke-17, ilmuwan besar Italia, Galileo, mengarahkan teleskopnya ke Milky Way dan menemukan dengan kejutan bahwa Milky Way terbentuk oleh banyak bintang yang padat yang berkumpul bersama. Karena bintang-bintang ini terlalu jauh dari Bumi untuk dapat dibedakan oleh mata manusia, maka terlihat sebagai pita terang. Masih banyak tempat di dunia di mana Anda dapat menyaksikan keindahan langit malam, langit bintang, Milky Way, dan Aurora Borealis yang menakjubkan.
Berikut adalah daftar tempat paling indah di dunia untuk melihat langit malam:
1. Taman Hutan Galloway, Skotlandia
Taman Hutan Galloway di Skotlandia adalah salah satu dari empat taman malam gelap teratas di dunia dan Reverse Malam Gelap Kelas Emas Inggris. Pada tahun 2009, taman ini dianugerahi gelar "Taman Malam Gelap" oleh International Dark Sky Association dan ditetapkan sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat bintang.
2. Monumen Nasional Natural Bridges, AS
Monumen Nasional Natural Bridges terletak di Utah, AS, dan merupakan salah satu dari hanya empat taman malam gelap di dunia. Langit malam yang penuh bintang terlihat di atas jembatan Owakomo. Taman ini adalah taman malam gelap pertama yang dinamai oleh International Dark Sky Association.
3. Gunung Cook, Selandia Baru
Gunung Cook terletak di Southern Alps di bagian tengah barat Pulau Selatan Selandia Baru. Dikelilingi oleh 22 puncak tinggi, gunung ini tercover dengan salju sepanjang tahun. Saat malam hari, langit di sini akan sangat terang. Anda dapat mengikuti tur stargazing dengan pemandu astronomi yang berpengetahuan luas untuk memandu Anda melihat langit bintang di belahan bumi selatan, menggunakan monokuler yang canggih serta binokular dengan magnifikasi tinggi.
4. Taman Nasional Buk, Hungaria
Taman Nasional Buk adalah taman nasional terbesar di Hungaria, yang terletak di Pegunungan Buk di utara, dekat kota Miskolc, dimana Anda dapat menemukan kesempatan stargazing yang sempurna di bawah gunung tertinggi di negara ini.
5. Cherry Springs State Park, Amerika Serikat
Terletak di Pennsylvania, Cherry Springs State Park memiliki pemandangan langit malam yang terbaik di Amerika Serikat. Tergantung pada waktu tahun, Anda dapat melihat Venus, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan Omega Nebula. Meskipun taman ini buka sepanjang tahun, mereka tetap akan memberikan saran tentang waktu terbaik untuk berkunjung. Musim semi dan musim panas adalah waktu yang ideal untuk mengamati Milky Way.
6. De Boschplaat, Belanda
De Boschplaat adalah cagar alam yang diakui oleh Dewan Eropa, dimana menjadi tempat terbaik untuk melihat malam di sini terletak di sisi timur Pulau Terschelling. Masyarakat memiliki akses yang tidak terbatas ke taman sepanjang waktu, dan ada delapan lokasi stargazing yang ditunjuk untuk dipilih.
7. Trysil, Norwegia
Trysil terletak di County Hedmark di tenggara Norwegia, yang juga merupakan salah satu destinasi paling populer di Norwegia untuk bermain ski dan olahraga musim dingin lainnya serta memiliki langit terbersih di Skandinavia. Trysil adalah lokasi ideal untuk melihat pemandangan Arktik dan galaksi, dan Anda akan sangat terpesona oleh fenomena keajaiban alam semestanya.