Instrumen Menarik
Sebuah drum adalah alat musik perkusi yang umumnya terdiri dari tubuh yang kuat berbentuk drum dengan membran yang direntangkan di satu atau kedua sisi.
Instrumen dapat dipukul, baik dengan tangan atau dengan stik drum. Drum sangat penting dalam musik tradisional Afrika dan musik modern, dengan beberapa band terdiri sepenuhnya dari alat musik perkusi berbasis drum. Selain menjadi alat musik, drum juga digunakan dalam banyak peradaban kuno untuk menyebarluaskan informasi.
Drum konga yang berasal sebagai drum tangan Afrika telah berkembang secara signifikan selama sejarah alat musik, proses produksi, dan bahan telah menjadi lebih halus, menghasilkan suara yang dominan dalam musik Amerika Selatan, Afrika, dan Latin. Drum konga adalah alat musik perkusi yang penting untuk drum tari Latin, musik populer, musik dunia, dan musik jazz. Mereka umumnya dibagi menjadi treble dan bass, dengan dua drum sebagai kombinasinya. Bentuk umum dipasaran saat ini adalah tinggi tubuh drum sekitar 29 inci, dengan ukuran diameter 4:10 inci, 11 inci, 11,75 inci, dan 12,5 inci.
Selain drum konga, terdapat beberapa jenis drum lain yang populer di Afrika, antara lain:
1. Talking Drums
Talking drums atau sering disebut sebagai drum percakapan, adalah salah satu instrumen tertua di Afrika. Drum berbentuk jam pasir ini memiliki kulit ganda di kedua sisinya, dengan tali drum dipasang dengan merata dan halus pada kedua ujungnya. Pitch drum dapat disesuaikan dengan mengubah kekencangan tali.
Pemain biasanya menempatkan drum clip di bawah ketiak mereka dan mengontrol ketegangan tali dengan kekuatan lengan, yang pada gilirannya mempengaruhi ketegangan permukaan drum dan menyesuaikan pitch drum. Karena rentang penyesuaian pitch yang luas, drum juga dikenal sebagai drum percakapan karena dapat menyampaikan berbagai pesan, seperti bahasa manusia.
2. Djembe
Djembe Afrika adalah alat musik perkusi jenis kulit dan membran, berbentuk seperti batu penggiling yang digunakan oleh orang Afrika untuk menggiling jagung atau biji-bijian. Terbuat dari batang pohon yang diholowing dan ditutupi dengan kulit domba. Tubuh drum biasanya sekitar 50 hingga 60 cm, dan diameter sekitar 30 hingga 38 cm, meskipun beberapa ukuran drum Afrika dari Côte d'Ivoire lebih besar diameter nya.
Drum Afrika dimainkan dengan tangan, dan suara yang dihasilkan dapat tinggi, sedang, atau rendah, tergantung pada bagian mana dari drum yang dimainkan. Drum ini dapat digunakan sebagai instrumen solo atau sebagai bagian dari ansambel dengan instrumen tradisional Afrika lainnya.
3. Bass Drum
Bass drum Afrika juga merupakan instrumen penting dalam instrumen drum Afrika. Bunyi bass drum yang rendah dan lembut memberikan irama stabil untuk ansambel, dan dikatakan sebagai "nadi" dari instrumen drum ansambel. Ditutupi dengan kulit sapi di kedua sisi dan dipukul dengan stik, bass drum tradisional Afrika umumnya datang dalam tiga ukuran utama yakni, Kenkeni, Sangba, dan Djunmba, serta ukuran lainnya.
4. Drum Kayu
Drum kayu, juga dikenal sebagai "ikan kayu Afrika," adalah instrumen Guinea yang terbuat dari satu potong kayu dengan lubang persegi panjang digali melalui kayu di kedua ujungnya. Karena dinding dua lubang tidak memiliki ketebalan yang sama, mereka menghasilkan suara yang berbeda saat dipukul dari kedua sisinya. Selain memainkan musik, drum kayu terutama digunakan untuk mengirim pesan dan peringatan. Drum kayu besar biasanya dipukul dengan dua batang, sedangkan yang lebih kecil menggunakan satu saja.