Perawatan yang Mudah
Pernahkah kamu mendengar tentang tanaman hidroponik?
Semakin banyak orang memilih untuk menanam tanaman hidroponik di rumah karena mereka tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara menyiram tanaman, dan mereka dapat tumbuh dengan mudah oleh perubahan air yang teratur.
Jika kamu tertarik untuk menanam tanaman hidroponik, berikut adalah beberapa saran yang mungkin bisa membantumu.
(1) Lobak Hijau
Langkah-Langkah:
1. Potong
Pilih lobak hijau dengan akar udara dan potong setiap daun menjadi beberapa bagian.
2. Memiliki Akar
Anda dapat menempatkan lobak hijau yang dipotong ke dalam wadah yang diisi dengan air dan menunggu akar tumbuh, atau Anda bisa menggunakan tanah untuk budidaya setelah lobak hijau memiliki akar yang lebih tinggi daripada pemotongan langsung.
Hal yang perlu diperhatikan:
Lobak hijau sangat kuat dan dapat ditanam dengan cara apa pun, tetapi hidroponik membutuhkan dua poin penting yang mungkin perlu diperhatikan. Jika Anda tidak yakin, Anda tentunya dapat menempatkan air di bawah sinar matahari untuk beberapa saat untuk menguapkan klorin dan zat disinfektan lainnya. Selain itu, Anda perlu mengganti air secara teratur, biasanya seminggu sekali. Ini dapat mengurangi pemborosan nutrisi dalam air karena hidroponik memiliki sedikit nutrisi daripada budidaya tanah, dan pertumbuhan lobak hijau lebih lambat.
(2) Anggrek Gantung
Petunjuk:
a. Teman-teman yang telah menumbuhkan anggrek gantung harus tahu bahwa batang stolon anggrek gantung akan dibagi menjadi banyak anggrek gantung kecil. Kita bisa menunggu sampai anggrek gantung kecil tumbuh menjadi sekitar 4-6 cm, masukkan batang stolon ke dalam air selama sekitar 1 minggu, dan anggrek gantung kecil akan tumbuh akar udara. Disarankan untuk membiarkan anggrek gantung kecil tumbuh lebih banyak lagi akar di udara.
b. Pilih lebih banyak akar di udara untuk dipotong, dan temukan wadah kecil untuk menempatkan anggrek gantung. Karena sebagian besar akar udara berada di atas, jadi kita perlu membiarkan akar udara tumbuh ke bawah sebanyak mungkin. Setelah sekitar 15 hari, anggrek gantung akan tumbuh dengan baik di dalam wadah.
(3) Ivy
Potong kertas ivy menjadi strip secara acak, masukkan ke dalam air, dan letakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Ganti air secara teratur hingga akar muda tumbuh. Setelah itu, pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari dan tambahkan sedikit larutan nutrisi secara teratur.
(4) Rumput Tembaga
a. Tembaga cocok untuk budidaya. Selama diberikan sinar matahari dan air yang cukup, ia bisa tumbuh dengan sangat cepat.
b. Jika berada di dalam ruangan dan tidak memiliki sinar matahari, Anda bisa menggunakan lampu sebagai gantinya.
c. Air harus diendapkan selama dua jam atau digunakan setiap dua hari.
d. Anda bisa menambahkan sedikit larutan nutrisi ke dalam air.
e. Koleus biasanya memiliki daun kuning, tetapi hal itu memudar dengan tingkat yang jauh lebih kecil daripada pertumbuhannya, jadi jangan khawatir tentang hal itu.
f. Sistem akar coleus akan tumbuh lumut hijau, tetapi biarkan saja.
g. Selama air tidak berbau, cukup tambahkan air saja dan semprotkan daun secara teratur.
(5) Narcissus
Tips Hidroponik:
a. Narcissus harus disimpan dalam air sumur, air hujan, atau air sungai. Jika menggunakan air keran, Anda harus membersihkan air di dalam bak atau tangki 2-3 hari sebelumnya, dan kemudian ambil air dangkal untuk disimpan.
b. Ganti air setiap hari; jika tidak, air yang kotor akan mempengaruhi pertumbuhan bunga daffodil. Selain itu, bunga daffodil memiliki banyak nutrisi di dalam umbi bunganya, sehingga Anda bisa melewatkan tahap pemupukan ini, namun ingatlah untuk mengganti air secara teratur.
c. Etilena dan gas lain yang dilepaskan oleh berbagai jenis buah-buahan mempercepat layu pada bunga dan akan mempersingkat masa berbunganya.
d. Jika terjadi fenomena "dumb flowers" pada hidroponik daffodil, Anda bisa mencari permasalahannya dari kualitas air, sinar matahari, dan perilaku perubahan air, jika perubahan air tidak dengan sengaja merusak sistem akar dan tangkai daffodil, maka fenomena "dumb flowers" juga akan terjadi.