Bagian Terpenting Kota
Cityscape, yang mengacu pada tampilan dan atmosfer yang dibentuk oleh struktur jalan, lapangan, bangunan, pertamanan, dan elemen-elemen lain di kota, mencerminkan keindahan alami dan buatan dalam lingkungan perkotaan.
Ini dapat mengubah sebuah kota menjadi sebuah karya seni lanskap alami dan memberikan kenyamanan dan kesenangan dalam kehidupan urban masyarakat.
Elemen lanskap perkotaan terdiri dari elemen lanskap alami dan buatan. Elemen lanskap alami terutama mengacu pada pemandangan alami seperti bukit, pohon, batu, sungai, dan laut.
Di sisi lain, elemen lanskap buatan mencakup peninggalan budaya dan monumen, pertamanan, karya seni, pameran perdagangan, struktur bangunan, lapangan, dan fitur buatan lainnya. Elemen lanskap ini memberikan kekayaan material untuk menciptakan lingkungan spasial perkotaan berkualitas tinggi.
Namun, untuk membentuk lanskap perkotaan yang unik, diperlukan pengorganisasian sistematis dari elemen-elemen ini dan menggabungkannya dengan lokasi untuk menciptakan sistem lanskap yang lengkap dan harmonis dan bentuk spasial.
Desain lanskap perkotaan memainkan peran penting dalam meningkatkan lingkungan tempat tinggal masyarakat, meningkatkan kualitas hidup mereka, dan memenuhi kebutuhan mereka yang bersifat material dan spiritual. Hal tersebut juga penting dalam menyoroti karakteristik unik sebuah kota dan memperkuat citra kota tersebut.
Dalam perencanaan lanskap, memasukkan desain lanskap dapat meningkatkan unsur dekoratif lingkungan lanskap perkotaan, dan pembangunan kota taman telah menjadi tujuan bagi banyak desain lanskap perkotaan dalam hal pengembangan.
Secara khusus, apa peran penting dari desain lanskap perkotaan?
1. Membantu Membentuk Citra Kota
Desain lanskap perkotaan dapat membantu meningkatkan lingkungan tempat tinggal masyarakat, meningkatkan kekompakan, serta kebanggaan warga, dan secara signifikan mempromosikan konstruksi peradaban spiritual dan material. Selain itu, bagi pengunjung asing, hal ini dapat meningkatkan kesan mereka terhadap kota dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Di dunia saat ini, desain lanskap telah menjadi inti dari lanskap kota.
Dengan meningkatnya standar hidup masyarakat, harapan lingkungan tempat tinggal mereka juga meningkat, dan permintaan untuk desain lanskap akan terus bertumbuh.
2. Membantu Menyoroti Karakteristik Unik Kota
Desain lanskap perkotaan mencerminkan perkembangan sebuah kota, mencatat peristiwa dan kisah sejarah pentingnya, serta membantu memperlihatkan karakteristik budaya lokal kota tersebut.
Oleh karena itu, taman perkotaan dapat mencatat sejarah kota, mempromosikan budayanya, dan mengeluarkan karakteristik unik kota tersebut, sehingga ini dapat sepenuhnya mencerminkan kepribadian kota tersebut.
3. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental Penduduk
Desain lanskap perkotaan dapat mengurangi semen, menyerap debu, mencegah pasir, mengurangi kebisingan, membunuh kuman, menyerap zat beracun, mengatur iklim, dan melindungi keseimbangan ekologi. Selain itu, hal tersebut secara signifikan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental penduduk.