Budidaya Air Tawar
Perikanan dan budidaya adalah dua sektor penting yang memainkan peran penting dalam menyediakan makanan dan gizi bagi populasi global.
Industri ini melibatkan fungsi transformasi materi organisme di perairan guna untuk memanen berbagai hewan, alga, dan tanaman akuatik dengan pertukaran nilai komersial melalui saluran penangkapan ikan, pembiakan, pengolahan, dan pemasaran. Menurut laporan terbaru, total produksi perikanan serta budidaya global dapat mencapai 214 juta ton pada tahun 2020, dan ini merupakan level tertinggi dalam sejarah.
Dari jumlah tersebut, produksi budidaya akan mencapai 88 juta ton, menyumbang 40,89% dari total produksi perikanan dan budidaya global. Lima negara teratas dalam produksi perikanan dan budidaya berdasarkan jumlah total adalah China, Indonesia, Peru, dan Amerika Serikat.
Peningkatan total produksi telah sangat berkontribusi pada pengembangan ekonomi perikanan global, dan perdagangan internasional dalam produk perikanan dan budidaya telah berkembang secara signifikan.
Pada tahun 2020, total ekspor hewan akuatik global mencapai USD 151 miliar, menyumbang 11% dari perdagangan pertanian global (tidak termasuk kehutanan).
Tiga negara teratas di dunia dalam hal total ekspor hewan akuatik adalah China, Norwegia, dan Vietnam, sedangkan tiga negara teratas dalam hal nilai impor adalah Amerika Serikat, China, dan Jepang.
Namun, ketika perikanan dan budidaya terus berkembang, diperlukan upaya untuk mempromosikan perubahan yang lebih terarah dan transformatif untuk membangun industri perikanan dan budidaya yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan adil.
Sebuah "transisi biru" dalam cara makanan akuatik diproduksi, dikelola, diperdagangkan, dan dikonsumsi diperlukan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.
Terdapat perdebatan yang berlangsung lama mengenai pengembangan budidaya air tawar, yang dikatakan terbatas oleh sumber daya seperti air tawar dan lahan, sementara ruang lingkup untuk ekspansi budidaya laut hampir tidak terbatas.
Namun, studi penilaian siklus hidup terbaru menemukan bahwa baik akuakultur air tawar maupun laut memerlukan lebih banyak sumber daya air dan lahan dalam produksi pakan dibandingkan yang langsung dikonsumsi oleh sektor akuakultur itu sendiri.
Oleh karena itu, beberapa sarjana berpendapat bahwa baik marikultur maupun akuakultur air tawar, yang mengandalkan pemberian umpan, memiliki keterbatasan yang sama dalam sumber daya air, lahan, dan sumber daya lainnya.
Pada saat yang sama, dampak lingkungan yang disebabkan oleh akuakultur terutama berasal dari proses produksi pakan, dan tidak ada perbedaan signifikan antara dampak lingkungan antara marikultur dengan pemberian umpan dan akuakultur air tawar dalam hal perubahan iklim, keanekaragaman hayati, dan layanan ekosistem.
Meskipun memiliki keterbatasan tersebut, akuakultur air tawar masih dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keamanan pangan global karena memiliki keunggulan komparatif dibandingkan marikultur dalam produksi produk perikanan skala besar dengan biaya rendah. Sebagian besar ikan air tawar yang dibudidayakan adalah ikan herbivora dan omnivora dengan tingkat trofik rendah, yang lebih mudah untuk diperbanyak secara buatan, mudah beradaptasi dengan kondisi rendah oksigen terlarut dan air tawar eutrofik, serta hanya membutuhkan teknik dan peralatan sederhana untuk melakukan produksi akuakultur.
Selain itu, akuakultur air tawar masih dapat mengeksploitasi potensi produksi dari area pertanian yang ada dan secara bertahap meningkatkan tingkat intensifikasi, sehingga menghasilkan lebih banyak produk perikanan.
Hal ini dapat dicapai melalui adopsi teknologi baru, seperti sistem akuakultur resirkulasi (RAS), yang mengurangi permintaan air dan lahan, meningkatkan efisiensi produksi, dan meminimalkan dampak lingkungan.
Perikanan dan akuakultur adalah sektor vital yang telah memberikan kontribusi besar terhadap keamanan pangan global dan ekonomi. Namun, ekspansi dari industri ini harus disertai dengan praktik berkelanjutan yang mempromosikan inklusivitas, keadilan, dan pelestarian lingkungan.
Meskipun baik marikultur maupun akuakultur air tawar memiliki keterbatasan, yang terakhir memiliki keunggulan komparatif dalam produksi produk perikanan skala besar dengan biaya rendah. Oleh karena itu, pengembangan praktik akuakultur air tawar yang berkelanjutan seperti RAS, tentunya dapat sangat berkontribusi terhadap pencapaian SDG PBB.