Rahasia Bintang Laut
Secara visual, bintang laut merupakan salah satu makhluk indah yang berbentuk seperti bintang di langit. Biasanya, bintang laut memiliki 5 tangan. Makhluk laut yang menakjubkan ini menyimpan banyak rahasia yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang.
1. Bintang Laut Tidak Tergolong Ikan
Dari dulu kita menyebut bintang yang hidup di laut dengan sebutan bintang laut, namun sebenarnya dia tidak tergolong sebagai jenis ikan. Bintang laut tidak memiliki gusi, sisik, atau bahkan sirip. Ia sangatlah berbeda dengan ikan. Bintang laut tidak memiliki ekor tetapi memiliki kaki tubular kecil yang membantunya dalam bergerak.
2. Dua Perut dan Banyak Mata
Bintang laut memiliki dua perut, salah satu perutnya dapat melumatkan dan membungkus mangsanya di luar tubuh untuk pencernaan.
Perut bintang laut memiliki struktur unik yang memanjang keluar sebagai mulut dan menempatkan mangsanya ke tengah-tengah perut untuk dapat mencernanya. Keahlian khusus mencerna makanan dari luar ini dapat membantu bintang laut memakan mangsa yang berukuran lebih besar dari dirinya.
Saat mencerna makanan, bintang laut mengeluarkan kristal-kristal kecil di sekujur tubuhnya. Kristal ini seperti mata; mengumpulkan cahaya dengan sangat baik dan dapat melihat situasi dari segala arah.
3. Bintang Laut adalah Invertebrata
Bintang laut merupakan makhluk invertebrata, yang artinya mereka tidak memiliki tulang ataupun persendian. Sebaliknya, tubuh mereka terbuat dari jaringan lunak, sehingga membuat mereka dapat menekuk dan memutar dengan mudah sesuai dengan lingkungannya.
4. Bintang Laut Purba
Bintang laut merupakan makhluk purba yang telah ada selama lebih dari 400 juta tahun. Mereka dianggap organisme primitif dengan genom yang sangat tua. Hal ini menjadikan mereka objek yang menarik untuk dipelajari evolusi biologis nya.
5. Kemampuan Regenerasi yang Luar Biasa
Salah satu kemampuan bintang laut adalah dapat beregenerasi. Saat bintang laut melawan musuh yang kuat, dia akan memotong lengannya dan kabur. Lengan baru pun akan segera tumbuh di bagian lengan yang terpotong.
Tentu saja, kemampuan regeneratif ini bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya. Contohnya, bintang laut pasir dapat beregenerasi menjadi bintang laut baru meskipun hanya memiliki lengan 1 cm, sedangkan bintang laut bunga matahari harus mempertahankan sebagian tubuhnya untuk beregenerasi.
6. Nilai Medis Bintang Laut
Para ilmuwan telah menemukan bahwa bintang laut mengandung banyak sekali bahan untuk obat-obatan yang memiliki efek farmakologis seperti hemolysis, anti kanker, antivirus, anti peradangan dan anestesi.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regenerasi bintang laut berasal dari faktor genetik yang belum terbukti, sehingga bintang laut memiliki nilai medis tertentu.
Bintang laut memiliki peran yang penting dalam ekosistem laut. Di dalam laut, mereka merupakan spesies penentu dalam rantai makanan dan bintang laut juga memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekologi.
Makanan utama bintang laut adalah organisme bentik seperti kerang, dan kepiting. Dengan sifat predator nya, bintang laut mengendalikan jumlah organisme bentik ini dan menjaga keanekaragaman spesies di ekosistem dasar laut. Saat populasi bintang laut menurun, populasi bentik akan meledak, sehingga tentunya ini akan dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem laut.
Bintang laut merupakan bagian penting dari ekosistem laut, akan tetapi mereka sedang menghadapi ancaman. Faktor-faktor seperti penangkapan liar ikan secara berlebihan, polusi laut, dan perubahan iklim yang berdampak negatif terhadap kelangsungan hidup bintang laut. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita dapat melindung populasi bintang laut serta ekosistem tempat mereka hidup.
Bintang laut bukan hanya makhluk indah yang terlihat seperti bintang di langit, mereka adalah makhluk menakjubkan dengan kemampuan unik dan berperan penting dalam ekosistem laut.