Gaya Hidup Populer
Apakah Anda ingat tren piknik di luar yang membanjiri internet tahun lalu? Hanya dengan selembar kain segi empat, rumput hijau, cahaya hangat sinar matahari, dress panjang bunga, beberapa potong buah, dan roti manis lezat, tentunya ini adalah hari yang menyenangkan jika Anda berkunjung ke Paris, Prancis.
Mengejutkan, tipe gaya hidup ini semakin populer di seluruh dunia. Topik serupa baru-baru ini menjadi populer di internet, dengan video terkait yang mengumpulkan 4 miliar tayangan serta menciptakan dunia ideal di internet, memberikan kedamaian visual dan spiritual, dikenal sebagai "metode penyembuhan generasi muda kontemporer." Semua pemandangan indah berkisar pada satu kata: Cottagecore.
Jika kamu tidak terbiasa dengan Cottagecore, pada dasarnya merupakan gaya hidup idilis. Cottagecore adalah gerakan estetika nostalgia yang berputar di sekitar gaya hidup yang mengarah pada konsep kembali ke alam, menggabungkan berbagai keterampilan dan kerajinan tradisional dalam suasana rumah pertanian di pegunungan. Namun, bukanlah tiruan dari kehidupan pedesaan kuno, tetapi sebaliknya adalah estetika yang bergaya rustik baru yang menggunakan elemen modern untuk mengungkapkan pemandangan vintage, dengan fokus pada sensasi suasana surreal yang seperti dongeng.
Pandemi adalah gelombang pertama yang membangkitkan Cottagecore. Ketika kota-kota dengan cepat ditutup, orang memiliki cukup waktu untuk merenungkan hubungan antara manusia dan alam. Dengan berita negatif yang terus-menerus menyerang mereka, orang mencoba mencari sumber kebahagiaan untuk menyembuhkan tubuh dan pikiran mereka selama karantina dan mencari tempat ketenangan jauh dari kenyataan. Oleh karena itu, istilah Cottagecore lahir.
Pertama-tama, estetika Cottagecore mempromosikan gaya hidup "mandiri". Saat ini, kehidupan perkotaan yang sangat berkembang dengan pembagian kerja memungkinkan kita untuk "mengalihdayakan" setiap aspek kehidupan kita kepada para profesional. Misalnya, di kalangan pemuda, frekuensi memesan makanan di luar rumah semakin meningkat, dan dapur telah berkurang yang mungkin hanya akan menjadi dekorasi. Bahkan pekerjaan rumah tangga dapat juga dilakukan oleh orang lain.
Konsep inti dari "Garden Life" - Do It Yourself - bertujuan untuk mengajarkan Anda bagaimana untuk mendapatkan kembali rasa kendali dalam hidup Anda, dari membuat roti dan buah buatan sendiri hingga merawat kebun (bahkan jika Anda tidak memiliki kebun, Anda bisa menanam sayuran di balkon Anda) atau bahkan belajar merajut dengan menonton video tutorial online.
Namun, penting untuk diingat bahwa estetika idilis Cottagecore hanya berlaku untuk kehidupan perkotaan, dan bukan untuk pedesaan. Kenyataan dari kehidupan idilis jauh dari sekedar berjalan-jalan mengajak anjing dan mendaki di pedesaan, bermain-main dengan domba, dan hidup dalam harmoni yang sempurna dengan alam. Bahkan di ekonomi yang sangat berkembang dimana pertanian Eropa dan Amerika yang sangat mekanisasi, para petani profesional menghadapi angin, hujan, salju, dan matahari setiap hari, dengan wajah yang memerahnya.
Anda lihat, stroberi kecil dan kubis tidak hanya tumbuh dari biji yang menunggu untuk dipetik. Terdapat lebih dari sepuluh proses penanaman yang terlibat, dan jika Anda tidak sabar dalam prosesnya, maka ini tidak akan menciptakan hasil yang baik. Pedesaan mewakili konektivitas yang lebih dekat antara orang-orang. Bagi para pemuda yang tumbuh di "hutan beton" dan era Internet, persepsi mereka terhadap kampung halaman dan tanah mungkin tidak terlalu jelas.
Oleh karena itu, "estetika pedesaan" di internet memenuhi kebutuhan mereka untuk "tanah air" dan "komunitas" di pedesaan, di mana tempo hidup lebih lambat, orang lebih dekat, dan gaya hidup lebih berkelanjutan.