Teman yang Baik
Banyak orang merindukan kebersamaan dalam hidup ini. Beberapa orang menikmati merawat bunga dan tanaman untuk menciptakan suasana aromatik yang menyenangkan, sementara yang lain mencari kehadiran makhluk hidup tetapi enggan dengan kebisingan, dan memilih untuk merawat dua ekor ikan mas.
Di sisi lain, beberapa orang lebih suka sesuatu yang lebih hidup, tetapi kesulitan dalam proses merawatnya, seperti kucing dan anjing. Dalam situasi seperti ini, budgie adalah pilihan yang sangat baik. Budgie kebanyakan ditemukan dalam kawanan, dengan beberapa kelompok terdiri dari beberapa puluhan dan yang lain terdiri dari puluhan ribu. Saat ini, budgie tersebar luas di seluruh dunia dan telah dijinakkan dari saudara liar mereka.
Burung budgerigar memiliki kemampuan menirukan suara manusia, yang berasal dari kecerdasan akan bakat alaminya. Mungkin, mereka belajar suara-suara ini tanpa memahami maknanya, tetapi hanya menirukan suara manusia saja sudah merupakan keberhasilan yang luar biasa di dalam dunia burung. Budgie memiliki paruh dan struktur lidah internal yang memungkinkan mereka membuat berbagai suara, sehingga memungkinkan bagi mereka untuk belajar bicara.
Berikut beberapa hal yang yang perlu diketahui:
1. Batasi jumlah burung kesayangan.
Untuk mengembangkan penguasaan bahasa mereka dan belajar bagaimana menirukan panggilan burung lainnya, cara terbaik adalah merawat beberapa burung yang berbeda secara bersama-sama.
2. Jadikan burung kesayangan Anda teman.
Luangkan waktu lebih banyak untuk bermain dengan budgie Anda, berbicara dengan mereka, dan membuat mereka merasa nyaman dan bahagia di rumah Anda. Perlakukan mereka seperti anggota keluarga Anda, rawatlah mereka, dan dapatkan kepercayaannya.
3. Bulu budgie yang berwarna-warni
Bulu mereka yang beragam memiliki berbagai pola, sehingga membuatnya sangat ornamental. Dapat dikatakan bahwa mereka adalah titik kulminasi dari kemampuan seni Sang Pencipta. Awalnya, budgie memiliki tiga keluarga warna utama: hijau, biru, dan abu-abu, dengan masing-masing keluarga warna memiliki lima atau enam konsentrasi warna yang berbeda.
4. Ulangi kata yang sama.
Ucapkan setiap kata dengan jelas dan perlahan, satu kata pada satu waktu. Budgie Anda mungkin tidak dapat mempelajarinya secara langsung bagaimana menirukan kata tersebut, tapi proses pengulangan ini tentunya akan membantu memperdalam kesan kata tersebut pada budgie Anda.
5. Berikan reward pada budgie Anda.
Jika budgie Anda belajar mengucapkan kata yang Anda ajarkan, berikan reward pada budgie Anda dengan camilan. Sereal, seledri, dan wortel merupakan pilihan yang sangat baik karena mengandung nutrisi penting.
6. Latih budgie Anda dalam interval pendek.
Jangan latih budgie Anda dalam waktu lama karena bisa membuatnya bosan dan kehilangan minat. 30 menit pelatihan per hari sudah cukup.
7. Hilangkan gangguan.
Tutup tiga sisi di sekitar kandang untuk mengurangi gangguan dan memberi kesempatan pada budgie Anda untuk fokus belajar bicara dengan Anda. Berdiri di depan budgie Anda saat melatih dan berbicaralah dengan jelas agar mereka tahu bahwa Anda sedang mengajari mereka.
8. Fokus pada satu kata.
Barulah pindah ke kata kedua setelah budgie Anda benar-benar bisa mengucapkan kata pertama dengan tepat minimal tiga kali.
9. Bersabarlah.
Jangan memaksa budgie Anda untuk belajar bicara. Biarkan dia belajar dengan kecepatannya sendiri.
10. Ajari budgie Anda untuk menyebutkan benda-benda.
Saat mengajari budgie Anda untuk mengucapkan kata tertentu, tunjukkan objek yang sesuai pada saat yang sama. Dengan latihan yang cukup, budgie Anda akan belajar mengucapkan kata tersebut saat Anda sedang menunjukan objeknya.