Kaca Tahan Panas
Kaca tahan panas, juga dikenal sebagai kaca tahan suhu tinggi, adalah jenis kaca khusus yang dapat mencapai atau menahan suhu tertentu dan menahan tekanan yang sesuai dan media yang cocok dalam kondisi suhu, media (seperti tahan asam dan tahan alkali), dan tekanan.
Kaca tahan panas umumnya terbuat dari bahan mineral silika yang sangat murni, diolah pada suhu tinggi dan dapat mempertahankan transparansi dan kejernihan aslinya di lingkungan suhu tinggi. Kaca tahan panas memiliki berbagai karakteristik, termasuk transparansi yang tinggi, ketahanan suhu tinggi, stabilitas termal yang baik, dan kestabilan kimia. Ini merupakan komponen kunci yang tidak dapat dihindari dari jalur produksi otomatis industri dan sangat luas digunakan dalam pabrik pembuatan bejana bertekanan, baja, metalurgi, petrokimia, militer, pencahayaan, dan bidang industri lainnya.
Seri kaca tahan suhu tinggi mencakup enam aspek, sebagai berikut:
1. Kaca tahan suhu tinggi, dan tekanan tinggi, kaca pandangan bejana bertekanan, kaca pandangan pipa, dan kaca tahan suhu tinggi khusus boiler.
2. Kaca tahan suhu tinggi untuk perapian, pemrosesan gelombang, oven, dan lubang api.
3. Kaca tahan asam dan alkali untuk pipa kimia, kaca tahan suhu super tinggi untuk pembangkit listrik tenaga panas dan pabrik baja, kaca tahan suhu tinggi untuk pabrik aluminium elektrolitik, dan kaca tahan ledakan yang tahan suhu tinggi.
4. Kaca tahan radiasi, kaca transparan UV, kaca tahan UV, kaca transparan IR, kaca terisolasi IR, kaca perlindungan laser, dan kaca optik lainnya.
5. Kaca khusus untuk peralatan pencetakan dan pewarnaan, kaca lampu tertanam, kaca lampu, kaca tahan ledakan pertambangan, kaca tahan ledakan sipil, tabung pandang tahan suhu tinggi, dan kaca pandang tahan suhu tinggi.
6.Kaca optik khusus untuk pengujian non-destruktif, pengujian medis, segala jenis pengujian fisik dan kimia, kaca perlindungan las listrik, kaca kobalt biru, dll.
Tegangan pada kaca tahan suhu tinggi umumnya dibagi menjadi tegangan termal, dan tegangan mekanis.
1. Tegangan termal disebabkan oleh gradien suhu, dan dapat dibagi menjadi dua kategori tegangan sementara dan tegangan permanen. Sebagian tegangan dapat dieliminasi dengan rekristalisasi yang disebut tegangan sementara. Ada juga sebagian tegangan termal yang tetap ada, bahkan setelah gradien suhu hilang, dan bagian tegangan ini disebut tegangan permanen.
2. Tegangan mekanis adalah tegangan yang disebabkan oleh gaya eksternal pada kaca, dan menghilang ketika gaya eksternal dihilangkan. Namun, jika gaya eksternal terlalu besar, dapat menyebabkan kaca pecah.
Kaca tahan suhu tinggi perlu disimpan di area yang kering dan berventilasi, jauh dari sumber panas, dan di gudang dengan tanah keras semen, tanpa rumput di dekatnya untuk mencegah serangan serangga. Jika disimpan di tempat terbuka karena keterbatasan ruang penyimpanan, kaca jadi harus ditutupi dengan kain jerami, dan harus dijemur secara teratur.