Zebra yang Unik
Ketika Anda memikirkan zebra, apa yang terlintas dalam benak? Apakah bulu hitam putih zebra? Bulu unik dari zebra sangat mencolok di antara semua binatang. Namun, banyak orang tidak tahu bahwa tidak ada dua zebra yang identik di dunia ini, apalagi dengan garis yang sama persis. Pola garis-garis zebra unik seperti sidik jari manusia.
Zebra merupakan hewan asli benua Afrika, dan tidak ada jejak hewan ini di benua lain di dunia. Yang bertahan hidup di Afrika tengah, timur, dan selatan disebut zebra dataran, dan mereka berstrip dari kaki hingga kuku dan ada juga yang tidak memiliki strip di kaki. Zebra dengan garis tipis di wilayah Timur Afrika, di sisi lain, memiliki garis yang padat dan sempit di seluruh tubuhnya. Ada juga jenis zebra lain yang disebut zebra gunung, dan setiap spesies memiliki pola stripe yang berbeda.
Menurut fosil dari equids prasejarah yang sekarang ada di National Museum of Kecken Beds di Amerika Serikat, evolusi dari proto kuda ke zebra terjadi pertama kali dengan zebra berstrip tipis dan kemudian berkembang secara perlahan menjadi zebra saat ini.
Seperti yang kita semua tahu, karakter paling jelas dari zebra adalah garis hitam dan putih di tubuh mereka, yang cukup dikenal. Jadi, muncul pertanyaan, apakah garis-garis zebra hitam pada latar belakang putih atau putih pada latar belakang hitam? Pada awalnya, banyak orang mengatakan bahwa zebra adalah garis hitam pada latar belakang putih. Ini tidak hanya sesuai dengan pemikiran normal orang karena manusia akan secara bawah sadar mengambil putih sebagai warna dasar, tetapi juga sesuai dengan beberapa karakteristik zebra. Misalnya, perut zebra tidak memiliki garis, dan dengan penelitian lebih lanjut, orang telah menemukan bahwa warna kulit zebra tidak begitu sederhana. Hanya bulunya yang putih; misalnya, kelanjutan garis putih lebih besar daripada kelanjutan garis hitam. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan ini sebagai dasar untuk mengatakan bahwa zebra adalah "putih dengan garis hitam." Sejak Abad Pertengahan, diketahui bahwa zebra memiliki "latar belakang putih dan garis hitam".
Terlepas dari perbedaan pola dan warna pada zebra, warna kulit mereka sebenarnya adalah hitam. Mari kita lihat melanosit zebra, atau sel pembuat pigmen di bulu mereka, dan kita dapat memahaminya dengan lebih baik. Kulit zebra adalah hitam, tetapi proses perkembangan yang berbeda akan membuat bulu mereka memiliki warna yang berbeda.
Seperti rambut Asia yang hitam, kita akan menemukan bahwa rambut beberapa orang agak kuning. Pada tahap embrio dini, zebra seluruhnya hitam. Dengan kata lain, warna asli mereka adalah hitam. Ini adalah pada tahap embrio akhir bahwa garis putih menjadi terlihat karena pigmen yang selektif. Tetapi tidak seperti zebra di jalan raya, kulit hitam zebra sebenarnya akan memiliki rambut hitam dan putih. Interaksi dua warna rambut yang sangat berbeda inilah yang menciptakan pola garis unik zebra.
Zebra adalah makhluk yang menarik dengan penampilan yang unik dan tidak seperti binatang lain di dunia. Garis-garis hitam putih mereka tidak hanya indah, tetapi juga unik seperti sidik jari manusia. Meskipun ada pendapat yang berbeda tentang apakah zebra berwarna hitam dengan garis putih atau putih dengan garis hitam, warna kulit mereka sebenarnya adalah hitam. Interaksi rambut hitam dan putih pada kulit mereka menciptakan pola garis yang mempesona dan khas yang biasa kita lihat hingga saat ini.