Fakta Kucing Oranye
Kucing oranye kerap menjadi perbincangan masyarakat karena dianggap lebih galak dan nakal.
Kucing oren dikenal karena bulunya yang mencolok dengan berbagai macam motif dengan warna utama oranye. Kebanyakan kucing oren yang kita temui di sekitar adalah ras campuran, bukan ras murni. Hal tersebut berarti masing-masing kucing oren memiliki keunikan, dari segi ukuran, bentuk, dan karakternya. Berikut ini fakta mengenai kucing oranye:
Hampir Semua Berkelamin Jantan
Mungkin kamu baru mendengar fakta ini, ya. Ternyata, hampir semua kucing oren itu berkelamin jantan. Hal tersebut menandakan bahwa kromosom seks yang dimiliki kucing ini memengaruhi warna bulunya, sehingga membentuk warna oranye.
Warna oranye berasal dari jenis pigment tertentu
Meskipun sama-sama oranye, kucing tabby memiliki warna oranye yang tidak sama persis. Beberapa jenis kucing tabby oranye memiliki warna oranye yang sedikit kemerahan, kuning, atau krem. Setiap kucing tabby memiliki dominasi pigmen tertentu yang dikenal dengan nama pheomelanin, pigmen yang juga menghasilkan rambut warna merah pada manusia.
Kucing Oren Memiliki Kepribadian Yang Sangat Baik
Kucing ini adalah salah satu hewan peliharaan yang luar biasa karena sifat sosial mereka. Fakta kucing oren selanjutnya adalah mereka memiliki kepribadian yang suka dimanja dan ramah. Hal tersebut karena karakter mereka yang senang bermain dengan manusia dan ramah.
Salah Satu Kucing Terbesar dan Terberat di Dunia
Salah satu kucing oren pernah tercatat sebagai kucing terberat di dunia yang memiliki berat sekitar 21 kg. Kucing yang berasal dari Australia ini bernama Himmy dan dimiliki oleh Thomas Vyse. Ketika Hemmy meninggal pada tahun 1986, kucing itu berusia 10 tahun dan memiliki lingkar pinggang 84 cm. Meskipun Himmy memenangkan Guinness Book of World Records sebagai "kucing paling gemuk" sedunia, setelah kematiannya penghargaan tersebut dihentikan karena khawatir pemilik kucing akan sengaja menggemukkan kucingnya agar bisa menggulingkan rekor Himmy.
Kucing tabby oranye sangat suka makan
Sama seperti Garfield yang menjadi salah satu ikon kucing oranye, jenis kucing oranye memang dikenal sangat suka makan. Akan tetapi, sama seperti manusia, obesitas pada kucing telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk diabetes, kanker, dan kerusakan sendi.
Itu dia beberapa fakta menarik mengenai kucing oranye. Semoga bermanfaat!