Kota Romansa Paris
Perancis berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, dan Swiss di sebelah utara, Italia dan Monako di sebelah timur, Spanyol dan Andorra di selatan, serta Britania melintasi Selat Inggris di sebelah barat laut. Terdapat iklim laut, kontinental, Mediterania, dan pegunungan yang berdampingan. Pada bagian tenggara, wilayahnya memiliki ketinggian yang tinggi dan rendah di sebelah barat laut.
Luas wilayahnya adalah 550.000 kilometer persegi (tidak termasuk wilayah seberang laut), dengan pantai sepanjang 2.700 kilometer dan garis pantai daratan sepanjang 2.800 kilometer. Wilayah daratan dibagi menjadi 13 wilayah dan 94 provinsi. Pada Januari 2022, populasinya adalah 65,63 juta jiwa dan bahasa resminya adalah bahasa Perancis.
Perancis merupakan salah satu negara industri terdepan, memimpin dunia dalam bidang tenaga nuklir, penerbangan, antariksa, dan kereta api. Perancis merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, anggota pendiri Uni Eropa, dan anggota NATO. Di sana terdapat kantor pusat UNESCO, Interpol, OECD, Parlemen Eropa, dan organisasi internasional dan regional lainnya. Pada 2021, PDB Perancis adalah $2,94 triliun dan PDB per kapitanya adalah $43.518.
Paris adalah ibu kota dan kota terbesar dari Republik Perancis, serta pusat politik, ekonomi, budaya, dan perdagangan Perancis. Paris merupakan salah satu dari lima metropolitan internasional di dunia (empat lainnya adalah New York, London, Tokyo, dan Hong Kong), dan telah dinilai sebagai kota tingkat pertama Alpha+ dalam dunia oleh GaWC.
Paris terletak di tengah Cekungan Paris di bagian utara Perancis, melintasi kedua sisi Sungai Seine. Koordinat pusat kota adalah 48°52' lintang utara dan 2°25' bujur timur. Paris bisa dibagi menjadi dua bagian: Paris kecil dan Paris besar. Paris kecil merujuk pada kota Paris di dalam jalan Cincin Besar, dengan luas 105,4 kilometer persegi dan populasi 2,24 juta jiwa. Paris besar terdiri dari tujuh provinsi sekitarnya: Hauts-de-Seine, Val-de-Marne, Seine-Saint-Denis, Val-d'Oise, Seine-et-Marne, dan Essonne, yang bersama-sama membentuk wilayah Paris. Wilayah ini dulu dikenal sebagai Île-de-France pada masa kuno. Daerah metropolitan ini dihuni oleh sekitar 11 juta orang atau satu-senilai populasi negara.
Dengan sejarah lebih dari 1.400 tahun, Paris merupakan pusat politik, ekonomi, dan budaya tidak hanya Perancis tetapi juga Eropa Barat. Paris, kota Romansa, dianggap sebagai titik awal gerakan Olimpiade modern.
Berbicara tentang Paris, kita harus membicarakan Louvre. Dibangun pada tahun 1204, Louvre awalnya merupakan istana kerajaan Perancis. Tempat tinggal bagi 50 raja dan ratu Perancis, itu merupakan salah satu bangunan yang sangat berharga di Perancis. Louvre terkenal dengan koleksi klasik lukisan dan patungnya. Ini adalah salah satu dari empat museum besar di dunia. Louvre merupakan bangunan landmark di Paris dengan koleksi lebih dari 400.000 karya seni.
Montmartre adalah tempat yang penuh dengan legenda. Montmartre dulunya adalah desa pedesaan anggur, pabrik tepung, dan kincir angin. Dalam kerangka penggabungan wilayah pada tahun 1860, Montmartre disatukan dengan kota Paris dan telah menjadi distrik Paris sejak saat itu.
Montmartre begitu tinggi terhadap ketinggian dasar Paris, sehingga Seine tidak dapat naik ke atasnya. Tebing Montmartre menjadi milik kota Paris selama waktu yang singkat, yaitu lebih dari seratus tahun, dan dapat dikatakan sebagai distrik termuda di Paris.