Pemandangan Alam
Kanyon adalah sebuah lembah dengan lereng curam dan kedalaman yang lebih besar dari lebarnya. Biasanya kanyon berkembang di bagian-bagian di mana pergerakan tektonik menaikkan dan lereng lembah terdiri dari batuan keras. Kanyon paling mudah terbentuk jika laju pengangkatan tanah dikordinasikan dengan penahanan Kubangan.
Tidak ada yang tahu sifat korosif air lebih baik daripada kanyon. Dengan mengikis batuan keras, sungai memahat jalan yang dilaluinya selama ratusan tahun, menciptakan bentuk batuan-batuan alam yang sangat besar. Kanyon yang panjang dan dalam bahkan lebih spektakuler. Jadi, apakah Anda tahu apa saja kanyon-kanyon yang terkenal didunia ?
1. Kanyon Besar Yarlung Tsangpo
Kanyon Besar Yarlung Tsangpo dimulai dari desa Daduka di Kabupaten Milin di bagian utara hingga desa Baxiqa di Kabupaten Murdoch di bagian selatan. Kanyon Besar Yarlung Tsangpo memiliki panjang 504,6 kilometer, dengan kedalaman rata-rata 2268 meter dan kedalaman terdalam 6009 meter, dengan ketinggian rata-rata lebih dari 3000 meter, menjadikannya kanyon terbesar di dunia.
Area kanyon yang seluruhnya dicampuri dengan gletser, dinding curam, lereng curam, longsoran lumpur, dan sungai-sungai besar dengan gelombang besar, dan lingkungan sangat keras. Banyak daerah yang masih belum tersentuh, yang disebut "tempat rahasia terakhir di bumi" dan merupakan salah satu daerah kosong yang langka untuk pekerjaan geologi. Karena kelembaban dan panas yang dibawa oleh jalur air dan udara dari Kanyon Besar, telah menciptakan lingkungan alam yang indah di tenggara Tibet, yang dikenal sebagai "Selatan Tibet".
2. Kanyon Capertee, Australia
Kanyon Capertee di Australia. Ini adalah kanyon terbesar di Australia, terkenal dengan lereng curam dan tebing batu pasir yang menjulang tinggi. Karena usianya, Kanyon Capertee tidak mendalam seperti kanyon-kanyon lain dalam daftar ini, tetapi sangat besar.Lebih dari 0,6 mil lebih lebar dari Grand Canyon.
Ada banyak cara untuk menikmati pemandangan megah kanyon. Jika Anda memiliki stamina fisik yang baik, maka Anda dapat memilih untuk mendaki dataran batu pasir. Jalan kaki selama satu jam atau selama lima hari akan memberimu pemandangan kanyon yang spektakuler dari fitur-fitur unik dari lanskap ini, termasuk hutan hujan monsun, negara berbatu, rawa dataran tinggi, hutan dan sungai.
3. Grand Canyon, Amerika Serikat
Grand Canyon Amerika Serikat adalah keajaiban alam yang terkenal di dunia dengan Sungai Colorado yang mengalir, dan merupakan salah satu situs warisan alam yang dipilih untuk perlindungan oleh UNESCO. Terletak di Plat Kaibab di barat laut Arizona, Grand Canyon adalah salah satu pemandangan yang paling megah di bumi. Sungai Colorado memotong total 19 kanyon besar di Colorado Plateau, dengan luas total 2.724,7 kilometer persegi, di antaranya yang terdalam, terluas, dan terpanjang adalah Grand Canyon.
Panjangnya 446 kilometer, menjadikannya salah satu kanyon terpanjang di dunia. Puncak kanyon lebar 6 hingga 28 kilometer dan yang terdalam adalah 1.800 meter. Air di dasar lembah kurang dari 1.000 meter lebar dan meningkat hingga kedalaman 18 meter di musim panas ketika air salju dan es mencair. Batuan-batuan kebanyakan berwarna merah.
4. Kanyon Besar Colca
Kanyon Colca adalah salah satu tujuan wisata utama di Peru. Bagi pelancong yang gemar berpetualang, sungai yang mengalir melalui kanyon ini adalah tantangan yang tak terkendali. Arus kerasnya yang melelahkan adalah kesempatan luar biasa bagi pelancong untuk mencoba pengalaman baru.
Di kanyon, iklim dapat bervariasi sangat besar dari yang terdingin hingga iklim semi tropis di bagian bawah, dari 1 atau 2 derajat celsius pada pagi dan sore hari hingga 25 derajat celsius pada siang hari, dengan variasi suhu harian. Lebih dari 20 spesies kaktus dan 170 spesies burung pemangsa tumbuh di sini, yang terbesar di antaranya adalah elang gunung, dimana masing-masing dengan panjang sayap sekitar 1 meter lebih, dan telah dianggap sebagai burung pemangsa terbesar di dunia.