Olahraga Go-Kart
Kart adalah mobil olahraga mini yang strukturnya sangat sederhana yaitu tersusun dari beberapa rangka, mesin dua tak, dan empat roda independen. Karena fiturnya yang mudah dikendarai, aman dan seru, go-kart dengan cepat menjadi populer di seluruh dunia. Karting merupakan bentuk paling dasar dari balap Formula Satu di dunia dan dimulai pada tahun 1940. Karena banyak pembalap Formula 1 terkenal yang memulai karirnya dari karting, sehingga karting dianggap sebagai pangkuan dari Formula Satu.
Mengemudikan go-kart tidak terlalu berbahaya dan bukanlah olahraga yang sangat sulit, namun, untuk mengemudikan go-kart yang baik bukanlah hanya dengan mengemudi beberapa putaran untuk menjadi seorang master. Ini membutuhkan pengemudi untuk memiliki reaksi yang tangkas dan pelatihan yang terus menerus untuk membentuk kendali yang baik terhadap go-kart yang berukuran kecil. Sebelum mempersiapkan latihan di lapangan, tindakan keselamatan harus dipersiapkan dan mengikuti perintah serta aturan dari staf yang ada di tempat.
Dalam latihan karting, Anda dapat memilih trek lurus, tengah dari dua ujung trek dapat ditempatkan di tengah-tengah rintangan. Setelah mengemudi, cobalah untuk mengendalikan throttle (gas) dalam jalur lurus ini untuk berbelok 180 derajat, untuk melatih tingkat reaksi Anda. Di sini perlu ditekankan bahwa dalam proses mengemudi karting, Anda perlu menggunakan pelepasan gas dengan setir untuk mengendalikan kendaraan untuk mencapai belokan, bukan dengan menginjak rem untuk mengendalikannya.
Jadi, ini mengharuskan kita untuk menilai rute masuk ke tikungan selanjutnya, dan hanya dengan dengan memegang rute ke depan berikutnya dengan jelas, maka Anda dapat menghindari penggunaan rem sebanyak mungkin di tikungan. Karena ban telah dikenakan gaya sentrifugal lateral di tikungan, tidak bisa dihindarkan bahwa cengkeraman ban itu sendiri akan terpengaruh. Dan jika kita meningkatkan tindakan pengereman pada saat ini, itu hanya akan mengurangi pekerjaan maksimum ban itu sendiri.
Tentu saja, hanya ketika kita belajar mengendalikan gas dan setir daripada menginjak rem untuk melalui tikungan. Anda dapat merasakan sensasi jalan yang kuat dari sasis yang datang dari belakang dan pinggul kart sebagai desain penggerak roda belakang. Melalui metode mengikuti dan mengubah arah tepat waktu untuk memperbaiki rute dan sudut kendaraan melalui tikungan, mata, otak, tangan, dan kaki pengemudi dapat dilatih untuk bereaksi pada aksi belok yang tepat pada waktu yang sama. Jika ini bisa dilatih secara berkala maka akan meningkatkan ketajaman pengemudi, yang juga signifikan untuk mengendarai mobil wisata di jalan biasa (baik untuk pemula maupun veteran). Jika Anda bosan dan ingin mencoba beberapa olahraga yang lebih menantang, maka Anda dapat mencoba go-kart.