Keamanan Dalam Berkendara
Sepeda motor adalah sarana transportasi yang ekonomis dan nyaman, serta dicintai oleh masyarakat umum. Namun, sepeda motor lebih tidak stabil dalam keseimbangannya. Pengendara motor tentunya harus lebih berhati-hati dlam berkendara guna menjaga keselamatan. Oleh karena itu, disarankan untuk pengendara motor agar dapat menguasai keterampilan mengemudi dengan baik.
Mengapa Anda harus memakai helm keamanan saat mengendarai sepeda motor?
Pada tahun 1956, seorang pembalap sepeda motor terkenal, William Snell, meninggal dalam balapan sepeda motor yang diadakan di California. Setelah itu, institusi penelitian terkait di Amerika Serikat menetapkan desain helm keamanan sebagai proyek penelitian utama. Para ahli setelah percobaan berulang membuktikan bahwa kepala dalam kecelakaan lalu lintas ketika terkena benturan keras, helm akan dapat melindungi bagian kepala dengan efektif. Helm tersebut memiliki tekstur halus dan berbentuk setengah bola, dimana dapat membuat dampak dispersi dan menyerap dampak, deformasi helm, atau retak dan bantalan, dimana akan memainkan peran penyanggaan, juga dapat menyerap sebagian energi.
Menurut perhitungan, kepala manusia pada umumnya dapat menahan dampak peran 450 kg. Helm pelindung keamanan dengan beberapa fungsi tersebut dapat mengurangi kekuatan dampak sekitar 1850 kg, sehingga efek aktual pada kepala dari kekuatan dampak hanya sekitar 400 kg. Selain itu, warna helm keamanan yang khas dan mencolok juga dapat menarik perhatian pengemudi lain saat bertemu atau menyalip. Jadi peran helm keamanan disini sangatlah penting. Oleh karena itu, semua negara di dunia menuntut pemakaian helm keamanan saat berkendara sepeda motor, dan beberapa negara bahkan harus memakai helm saat bersepeda.
(1) Pemilihan Sepeda Motor
Memilih sepeda motor yang berkualitas baik, menarik, dan cocok untuk Anda merupakan langkah pertama untuk memastikan mengemudi aman.
1. Merek
Pilih merk ternama dengan reputasi baik sehingga kualitas dan layanan purna jual kendaraan dapat dijamin.
2. Model
Karena sepeda motor di struktur sedemikian rupa, sehingga tubuh manusia dapat menyeimbangkan saat mengemudi dan saat berhenti. Pembeli harus memilih model yang sesuai dengan kondisi fisik mereka masing-masing.
(2) Pakaian untuk Pengendara Sepeda Motor
Pengendara sepeda motor harus mengenakan pakaian pelindung yang diperlukan. Baik pengemudi maupun penumpang sepeda motor harus memakai helm keamanan dan kacamata pelindung. Lebih baik memakai kacamata berwarna hijau atau biru di bawah sinar matahari untuk mencegah silau dari cahaya matahari. Namun, saat mengemudi pada malam hari, disarankan untuk memakai kacamata berwarna putih, karena ini akan memberikan visibilitas yang baik dan mencegah mata menjadi silau oleh serangga kecil dan debu.
Saat mengendarai sepeda motor pada malam hari. Lebih baik memakai pakaian reflektif dan helm reflektif. Anda tidak boleh memakai sandal saat mengendarai sepeda motor untuk mencegah tergelincir saat berkendara. Untuk mencegah tangan berkeringat, lebih baik memakai sarung tangan katun atau sarung tangan kulit tunggal saat mengendarai sepeda motor. Di musim dingin, saat cuaca dingin, pengendara sepeda motor harus berpakaian dalam pakaian pelindung ringan, ketat dan hangat, khususnya sarung tangan hangat dan sepatu tahan dingin yang dapat melindungi lutut mereka.