Sehat dan Manis
Ada banyak varietas stroberi, terdapat sekitar lebih dari 2.000 varietas, dengan buahnya yang berwarna merah terang dan indah, empuk dan berair, manis dan asam, serta wangi.
Stroberi merupakan herbal abadi. Tinggi tanaman stroberi adalah sekitar 10-40 cm, dengan batang lebih rendah atau hampir sama dengan daun, dan rambut kuning yang tersebar. Stroberi biasanya tumbuh di daerah dengan cuaca hangat dan tidak tahan dingin. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan, stroberi ditemukan terutama di Asia, Eropa, dan Amerika.
Berikut ini adalah beberapa varietas stroberi yang umum:
1. Chap Ki
Bentuk buahnya lebih panjang dan kerucut, dengan daging lembut dan berair, serta memiliki rasa yang manis, dimana sangat disenangi oleh banyak orang. Karena produksinya rendah dan kualitasnya tinggi, harga petiknya juga cukup tinggi. Jenis stroberi ini idak dapat bertahan lama, sehingga jika ingin menyimpannya selama dua hari lagi, disarankan untuk memetiknya ketika sudah matang.
2. Sweet Charlie
Buahnya berbentuk kerucut dan berwarna merah tua. Daunnya lebih besar dari stroberi rata-rata, dan memiliki fotosintesis yang kuat dan hasil panen yang tinggi.
3. Red Color
Karakteristiknya adalah buahnya berbentuk panjang kerucut, dan dinamai “Red Color” karena warna merah dasar tanamannya dan buahnya yang juga indah berwarna merah terang. Daging yang kaya dan berair, serta rasanya yang sangat manis, merupakan khas dari stroberi "Red Color".
4. Tianxiang
Stroberi "Tian Xiang" adalah hasil silang antara stroberi "Dasai Lecht" dan "Kamrosa". Buahnya berbentuk kerucut, dengan massa buah rata-rata sebesar 29,8 g dan massa buah maksimum sebesar 58 g. Berwarna jingga merah, mengkilap, beraroma, dan lebih tahan lama dalam penyimpanan. Oleh karena itu, Anda bisa memetiknya lebih banyak dan menyimpannya dirumah.
5. Penggunaan Kerajaan Kaisar
Jenis terbaru yang diperkenalkan di Jepang juga dikatakan sebagai varietas yang paling populer di Jepang. Buahnya besar, pendek, dan berbentuk kerucut, sesuai dengan citra stroberi dalam pikiran orang-orang. Memiliki rasa dan aroma manis, warnanya merah terang, dan akan berubah menjadi ungu tua saat sudah matang sepenuhnya.
Nilai gizi stroberi sangatlah tinggi, dan bahan-bahannya mudah dicerna dan diserap oleh tubuh, serta merupakan makanan sehat untuk segala usia. Beberapa manfaat stoberi, sebagai berikut.
1. Mencerahkan Mata
Karoten yang terkandung dalam stroberi adalah zat penting untuk mensintesis vitamin A. Memiliki efek mencerahkan mata dan menyehatkan hati.
2. Menyehatkan dan Memperkuat Tubuh
Stroberi memiliki efek tonik tertentu pada saluran pencernaan dan anemia.
3. Menurunkan Kolesterol
Selain mencegah scorbut, stroberi juga efektif dalam mencegah arteriosklerosis dan penyakit jantung koroner. serta membantu dalam menurunkan kolestrol.
4. Mencegah Kanker
Tubuh dapat menyerap dan mencegah penyerapan zat-zat kimia yang bersifat karsinogenik, dengan efek pencegahan kanker.
5. Menghilangkan Zat Toksik
Dapat secara alami dan tenang menghilangkan ion logam berat dari tubuh.
6. Perawatan Kesehatan
Wanita sering makan stroberi, yang memiliki efek kesehatan pada kulit dan rambut.
7. Penurunan Berat Badan
Karena mengandung zat asam aspartat, dapat alami dan tenang mengeluarkan "slag" dari tubuh.
8. Pencernaan yang Baik
Mengandung banyak pektin dan serat, yang dapat meningkatkan peristaltik saluran pencernaan, meningkatkan sembelit, dan mencegah wasir dan kanker usus.