Bulu Lembut dan Halus
Dalam beberapa tahun terakhir, ras kucing berbulu panjang secara bertahap mendapat perhatian lebih,seperti kucing Ragdoll, kucing Persia, dll.
Kucing berbulu panjang ini terlihat lebih anggun dan cantik daripada kucing berbulu pendek, tetapi kucing berbulu panjang juga perlu lebih banyak waktu dan biaya untuk merawatnya.
Kucing berbulu panjang memang lebih sulit dirawat karena memiliki bulu yang panjang. Dimana kucing tidak bisa menjaga dirinya sendiri, sehingga bulu akan mudah tersimpul dan mempengaruhi kecantikan secara keseluruhan. Ada banyak teknik untuk membuat bulu kucing berbulu panjang terlihat sangat halus . Kucing itu seperti manusia, harus membutuhkan perawatan dan pemeliharaan lebih apabila ingin terlihat cantik.
1. Menyisir Setiap Hari
Manfaat terbesar dari menyisir kucing berbulu pendek adalah untuk mengurangi bulu yang mengambang, sedangkan manfaat terbesar dari menyisir kucing berbulu panjang adalah untuk mencegah bulu kusut.
Kucing berbulu panjang perlu disisir setiap hari agar bulunya tetap lembut dan tidak kusut. Misalnya, pada ketiak atau dada kucing berbulu panjang sangat rentan kusut.
Setelah Anda melihat kucing berambut Panjang milik Anda dengan rambut kusut, Anda perlu menyisir kucing atau menggunakan gunting untuk memotong bulu yang tersimpul dan Anda dapat menunggu bulunya tumbuh Kembali untuk beberapa hari kedepan.
2. Menggunakan Peralatan Mandi Khusus
Memandikan kucing berbulu panjang harus menggunakan produk perawatan hewan peliharaan yang sangat profesional, bulunya membutuhkan perawatan yang lebih khusus daripada kucing berbulu pendek. Secara umum, memandikan kucing berbulu panjang membutuhkan satu hal lagi, yaitu menggunakan kondisioner khusus bulu kucing. Kondisioner khusus ini memiliki efek yang berbeda, seperti antistatis, bulu halus, dll.
Harap dicatat bahwa setelah memandikan kucing Anda, Anda harus mengeringkan rambutnya tepat waktu, jika tidak, kucing Anda akan mudah sakit.
3. Memberi Makan Produk Nutrisi
Kucing berbulu panjang cenderung kering dan kurang berkilau. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat memberikan lebih banyak suplemen kecantikan rambut pada kucing berbulu panjang saat memberi makan mereka setiap hari.
Jika Anda tidak ingin membeli nutrisi penata rambut khusus, maka Anda dapat memberi kucing Anda makanan seperti kuning telur, minyak ikan, daging segar, atau keju tawar untuk menambah nutrisinya. Saat cuaca sedang sangat baik, Anda bisa mengajak kucing berbulu panjang Anda untuk berjemur, yang dapat membuat kulitnya lebih sehat dan juga mengurangi masalah kerontokan bulu. Untuk membuat bulu kucing Anda lebih halus, ingatlah untuk merawatnya setiap hari!