Waktu Hidup Kucing
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia dan semakin banyak orang yang memilih untuk menjadikannya sahabat. Sebagai pemilik kucing, kita semua ingin kucing kesayangan dapat tinggal bersama dengan kita selama mungkin.
Tapi berapa lama kucing bisa bertahan hidup? Dan apa saja tanda-tanda kucing kita semakin tua?
Umumnya, kucing rumahan hidup sampai sekitar 15 tahun. Dengan perawatan dan perhatian yang tepat, bahkan mereka bisa hidup lebih lama lagi. Kucing umumnya hanya bisa mencapai usia tua sekitar 7 atau 8 tahun.
Seiring bertambahnya usia kucing, mereka mungkin menunjukkan karakteristik tertentu yang menunjukkan bahwa mereka semakin tua.
Berikut adalah enam tanda yang dapat diperhatikan:
1. Rasa ngantuk yang meningkat dan takut akan kedinginan:
Kucing tidur dalam porsi yang signifikan dalam sehari, sekitar dua pertiga dari waktunya. Seiring bertambahnya usia kucing, waktu tidurnya mungkin juga akan bertambah. Jika kucing Anda tidur sepanjang hari dan menjadi semakin takut kedinginan, sering mencari tempat yang hangat untuk tidur, mungkin itu pertanda usianya semakin tua.
2. Gigi lepas atau hilang:
Seiring bertambahnya usia kucing, giginya mungkin menjadi goyah atau bahkan mulai rontok. Jika gigi kucing Anda tidak setajam dulu dan tampak meronta saat makan, itu mungkin tanda penuaan. Gigi yang lepas juga bisa memengaruhi nafsu makan kucing.
3. Perilaku lambat:
Kucing adalah pemburu alami dan dikenal karena indranya yang tajam dan refleksnya yang cepat. Jika kucing Anda menjadi semakin lamban dan lambat dalam bereaksi, itu mungkin merupakan tanda penuaan. Jika kucing Anda tidak dapat lagi menyelesaikan perburuan dasar atau bahkan menanggapi panggilan Anda, itu mungkin pertanda indranya menjadi tumpul.
4. Rambut putih di sekitar wajah:
Rambut di sekitar hidung atau mulut kucing bisa memutih seiring bertambahnya usia. Kulit juga bisa menjadi keriput, sehingga membuat kucing terlihat lebih tua.
5. Mata berawan:
Mata kucing saat masih muda itu terlihat jernih dan transparan. Tetapi seiring bertambahnya usia, mata mereka mungkin akan menjadi keruh dan abu-abu. Ini adalah tanda bahwa penglihatan mereka berkurang.
Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk merawat kucing kita yang semakin tua?
1. Jaga agar tetap hangat:
Seiring bertambahnya usia kucing, mereka menjadi lebih rentan terhadap dingin. Penting untuk menjaganya tetap hangat dan jangan biarkan ruangan tempat kucing kita terlalu dingin. Penting juga untuk membiarkan mereka tidur nyenyak tanpa gangguan.
2. Mengajak mereka untuk olahraga:
Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan agar selalu baik. Memberi kucing tua Anda untuk olahraga yang tepat saat bangun dapat membantu memperpanjang hidupnya. Berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan metabolisme dan bermanfaat bagi kesehatan kucing.
Kesimpulannya, kucing adalah sahabat bulu yang kita cintai dan ingin mereka dapat tinggal lebih lama disisi kita. Dengan menyadari, serta mempelajari tanda-tanda penuaan dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk merawat kucing kita yang semakin tua, tentunya kita dapat memastikan bahwa mereka dapat hidup lebih panjang dan dalam kondisi sehat selalu.