Sarang Madu
Sarang lebah atau sarang madu terdiri dari sel-sel multiple, kebanyakan berbentuk heksagonal. Sarang lebah dibangun oleh lebah pekerja, dan bahan yang digunakan adalah lilin lebah yang dihasilkan oleh kelenjar lilin abdominal lebah pekerja.
Sarang madu mengandung banyak madu, serbuk sari, susu royal, dan bahan aktif lainnya, sehingga menjadi produk kesehatan langka yang dapat dikonsumsi secara langsung. Struktur sarang madu juga sangatlah kuat.
Di bagian dalam dan bagian luar sarang lebah, saling berbalik tepat setengah jarak, dan titik di mana sisi heksagon gabungan bersilangan adalah pusat heksagon dalam. Sarang lebah adalah struktur yang sangat halus, dapat beradaptasi, dan efisien. Bagian bawah sarang berbentuk tidak datar atau bulat tetapi berujung, terdiri dari tiga bentuk berlian yang identik.
Sarang berbentuk heksagonal dan tubuh lebah pada dasarnya silinder, sehingga lebah tidak memiliki ruang tambahan di sarang dan tidak merasa penuh sesak. Ini berguna untuk meningkatkan kekuatan dan mencegah bagian bawah sarang agar tidak patah. Selain itu, dari pandangan potongan lintang, kedua sisi sarang diarahkan ke atas.
Struktur sarang lebah sangat mengagumkan dan bisa dikatakan sebagai karya alam yang luar biasa. Bisa dilihat bahwa dunia lebah yang masih belum dikenal secara baik jauh lebih rendah dari kecerdasan manusia dalam hal kreativitas alam, hanya dengan melihat sarang lebah. Lebah adalah serangga sosial yang telah bertahan hidup dan berkembang sejak masa lalu, madu yang dihasilkan dari lebah tentunya sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia, dimana telah memberikan susu royal, propolis, serbuk sari, lilin lebah, dan banyak manfaat lainnya.
Beberapa fungsi dan efek sarang madu sebagai berikut:
1. Terapeutik yang baik pada penyakit pernapasan manusia.
2. Antibakteri dan anti-inflamasi yang sangat baik.
3. Penyembuhan pada penyakit rhinitis.
4. Membantu penyembuhan pada gastritis manusia.