Merawat Tulip
Tulip memiliki banyak warna, dimana memiliki penampilan yang bagus sehingga sangat disukai oleh banyak orang.
Terdapat dua cara untuk merawat tulip, yakni dengan rangkaian bunga dan hidroponik.
Pertama-tama, saat merangkai bunga, siapkan vas kecil, isi setengah airnya, dan potong batang tulip yang sudah dikemas sedikit miring. Biarkan mereka terendam dalam air selama sekitar setengah jam agar dapat menyerap air untuk mengganti kelembapan yang hilang selama pengiriman. Kemudian potong daun di bagian bawah tulip dengan gunting, bukan dengan tangan, karena merobek dengan tangan dapat merusak lapisan pelindung pada batang bunga. Potong akar batang bunga menjadi mulut yang rata dengan gunting. Perhatikan khusus di sini, setelah mengisi air, tulip tidak boleh dipotong miring, karena potongan miring dapat dengan mudah menyebabkan bagian bawah batang bunga meledak dan melengkung di tepinya. Standar panjang batang tulip yang dipangkas (dengan gunting) adalah tinggi daun bunga di atas mulut botol dan tinggi vas harus sekitar 1:1, dan bagian di mulut botol tidak boleh terlalu panjang.
Standar pemangkasan daun adalah tidak ada daun yang dibiarkan di bawah mulut botol. Jika batang tulip terlalu panjang, melebihi rasio 1:1 dari botol, maka cenderung akan bengkok. Saat merangkai bunga dengan bunga lain, batang tulip yang berat akan mudah jatuh ke satu sisi. Kita harus memotong batangnya lebih pendek atau memasukkannya ke tengah bunga lain. Jangan khawatir setelah memotong pendek, karena tulip bisa tumbuh panjang lagi. Tulip menyukai sinar matahari dan bisa diberikan sedikit sinar matahari dengan pencahayaan setiap harinya tidak lebih dari 3 jam.
Budidaya hidroponik perlu dilakukan dalam empat langkah, sebagai berikut.
1. Rendam Bunga Dalam Air
Sebelum menanam tulip di dalam air, semua cabangnya harus direndam dalam air untuk menumbuhkan bunga, agar tanaman tidak layu karena kekurangan air. Cara terbaik adalah memotong sebagian cabang di bagian bawah tulip dan meningkatkan area penyerapan air. untuk mencegah penyerapan air menjadi lebih buruk karena penyumbatan lubang air.
2. Pemangkasan Cabang
Setelah cabang tulip direndam selama satu atau dua jam, mereka bisa diambil untuk dipangkas, pertama-tama menghilangkan daun yang berlebihan dari cabang, meninggalkan hanya satu atau dua pasang daun di setiap cabang, lalu memetik kelopak yang dalam kondisi buruk di lapisan luar bunga.
3. Merangkai Bunga ke Dalam Botol
Biasanya vas memilih wadah kaca transparan untuk memudahkan pengamatan pertumbuhan tulip, lalu masukkan cabang yang sudah diolah ke dalam botol, dengan tingkat air sekitar 2/3 dari vas, hati-hati jangan membasahi daun tanaman, karena ini akan membuatnya mudah membusuk.
4. Perawatan Lanjutan
Setelah tulip dimasukkan ke dalam vas, letakkan di tempat yang berventilasi baik dan kering di dalam ruangan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, jika tidak, waktu bertahan bunga dan cabang akan berkurang. Air diganti setiap tiga hingga lima hari untuk memastikan kebersihan kualitas air. sedikit gula dapat ditambahkan setelah setiap pergantian air untuk menjaganya tetap segar.