Bandara Terbesar di Dunia
Bandara ini yang diklaim akan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia.
Menurut situs web "stuff.co.nz" dari Selandia Baru, bandara baru akan diperluas berdasarkan terminal yang ada di Bandara Internasional Raja Khalid Riyadh.
Setelah perluasan, bandara akan mencakup area sekitar 57 kilometer persegi dengan enam landasan pacu paralel dan akan berganti nama menjadi Bandara Internasional Raja Salman. Menurut rencana, bandara baru ini akan mampu menangani 120 juta penumpang pada tahun 2030 dan 185 juta penumpang pada tahun 2050.
Menurut Saudi Press Agency, desain bandara baru ini akan memamerkan budaya Saudi dan memberikan pengalaman perjalanan yang unik bagi wisatawan. Selain itu, desain bandara juga akan mencerminkan inisiatif "Green Saudi", menggunakan energi terbarukan untuk mengoperasikan bandara. Menurut laporan tersebut, Pangeran Mahkota dan Perdana Menteri Saudi Mohammed bin Salman mengatakan bahwa dengan mengembangkan pariwisata dengan gencar, ekonomi negara harus bisa keluar dari situasi yang hanya mengandalkan minyak dan mencapai perkembangan yang beragam.
Apa saja bandara terbesar di dunia?
1. Bandara Internasional Raja Fahd - 776 kilometer persegi
Bandara terbesar di dunia, Bandara Raja Fahd, terletak di Dammam, Arab Saudi, dan sangat mengesankan. Meskipun bandara ini mencakup area sekitar 776 kilometer persegi, bangunan bandara hanya mencakup area sekitar 36,8 kilometer persegi. Pembangunannya dimulai pada tahun 1983 dan selesai pada tanggal 28 November 1999. Bandara Raja Fahd memiliki tiga terminal. Setiap tahunnya, lebih dari 10 juta penumpang menggunakan bandara ini, menjadikannya bandara terbesar ketiga di Arab Saudi dari segi jumlah lalu lintas.
2. Bandara Internasional Denver (DEN) - 135,71 kilometer persegi
Bandara Internasional Denver adalah bandara terbesar di Amerika Utara, mencakup area sekitar 135,7 kilometer persegi. Bandara Internasional Denver resmi dibuka pada tanggal 28 Februari 1995, melayani 215 tujuan. Biaya pembangunannya setara dengan $8,1 miliar hari ini. Salah satu landasan pacunya, 16R/34L, merupakan yang terpanjang ketujuh di dunia dan terpanjang di Amerika Utara.
3. Bandara Internasional Dallas/Fort Worth (DFW) - 69,63 kilometer persegi
Bandara Internasional Dallas/Fort Worth adalah bandara terbesar kedua di Amerika Utara dan bandara terbesar ke-11 di dunia dalam hal jumlah lalu lintas. Bandara ini terletak di antara Fort Worth dan Dallas dan mencakup area sekitar 69,6 kilometer persegi. Bandara DFW dibuka pada bulan September 1973 dan memiliki kode pos, layanan darurat, departemen pemadam kebakaran, dan kepolisian. Bandara ini memiliki 5 terminal namun dapat menampung 8 terminal tambahan. Pada tahun 2019, bandara ini melayani 75 juta penumpang, rekor tertinggi.
4. Bandara Internasional Orlando (MCO) - 53,83 kilometer persegi
Bandara Internasional Orlando terletak sekitar 6 mil dari Orlando, Florida. Ini adalah bandara tersibuk di negara bagian tersebut, dengan lebih dari 850 penerbangan dan 135 tujuan per hari. Bandara ini mencakup area sekitar 53,83 kilometer persegi. Pada tahun 2019, bandara ini melayani 50,6 juta penumpang.
5. Bandara Internasional Washington Dulles - 48,56 kilometer persegi
Bandara Dulles adalah salah satu bandara utama di area Washington-Baltimore. Terletak di Fairfax dan Loudoun counties, Virginia, sekitar 42 kilometer dari Washington, D.C. Bandara ini resmi dibuka pada tahun 1962. Bandara Dulles mencakup area sekitar 48,56 kilometer persegi dan melayani lebih dari 24 juta penumpang dan lebih dari 125 tujuan setiap tahunnya.